10 Comeback Paling Dramatis Manchester United

Bookmark and Share

Manchester United memang pantas dinobatkan raja comeback sepanjang masa. Betapa tidak, telah banyak pertandingan yang mereka menangi setelah sempat tertinggal terlebih dahulu. Nah berikut 10 di antara sekian banyak comeback luar biasa yang dilakukan Setan Merah. 



1. Manchester United vs Barcelona 3 – 0
Perempat final Piala Winners 1984, United menang agregat 3-2 

Manchester United vs Barcelona 3 – 0 

Sebelum era Sir Alex Ferguson, United yang dilatih Ron Atkinson melakukan comeback luar biasa di perempat final Piala Winners. Setan Merah kalah 0-2 pada leg pertama di Nou Camp dari Barcelona yang diperkuat Diego Maradona. Namun pada leg kedua di Old Trafford United menang 3-0 dan lolos ke semifinal dengan agregat 3-2 berkat dua gol dari Bryan Robson dan gol penentu kemenangan dari Frank Stapleton. 

2. Manchester United vs Sheffield Wednesday 2 – 1
Premier League, 1993 

Manchester United vs Sheffield Wednesday 2 – 1 

Comeback yang menjadi awal dominasi Manchester United di era Sir Alex Ferguson. United butuh kemenangan untuk menjuarai liga. Steve Bruce menyamakan kedudukan pada menit ke-86 dan kemudian mencetak gol pada menit ketujuh injury time -kelak disebut Fergie Time- sekaligus membawa United meraih gelar juara liga pertama dalam 26 tahun. 

3. Manchester City vs Manchester United 2 – 3
Premier League, 1993 

Manchester City vs Manchester United 2 – 3 

Niall Quinn membawa City unggul dua gol di babak pertama pada Manchester Derby, November 1993, sebelum Eric Cantona memberi harapan untuk tim tamu melalui golnya di menit 52 dan menyamakan kedudukan pada menit 77. Roy Keane yang baru dibeli dari Nottingham Forest mencetak gol kemenangan United empat menit sebelum bubaran. 

4. Manchester United vs Liverpool 2 – 1
Putaran empat Piala FA, 1999 

Manchester United vs Liverpool 2 – 1 

Lima bulan sebelum comeback paling dramatis lawan Bayern Munich di final Liga Champions, United telah menanam pondasi mental juara mereka untuk meraih treble winners saat menyingkirkan rival berat, Liverpool. Michael Owen membawa The Reds unggul cepat pada menit kedua di Old Traffod. Keunggulan Liverpool bertahan hingga dua menit sebelum waktu normal berakhir. Namun Dwight Yorke menyamakan kedudukan melalui golnya di menit 88 yang kemudian disusul gol Ole Gunnar Solskjaer pada injury time. Bayern Munich harusnya mempelajari rekaman pertandingan ini sebelum final Liga Champions. 

5. Juventus vs Manchester United 2 – 3
Semifinal Liga Champions, 1999 

Juventus vs Manchester United 2 – 3 

Tanda-tanda kejayaan United di Liga Champions terlihat di Turin. Pertandingan masih berjalan 11 menit di Delle Alpi dan Juventus sudah unggul 2-0, namun Roy Keane memberi harapan dengan golnya pada menit 24. Andy Cole akhirnya mencetak gol ketiga sekaligus membawa United ke final setelah mencetak gol pada menit 84. 

6. Bayern Munich vs Manchester United 1 – 2
Final Liga Champions, 1999 

Bayern Munich vs Manchester United 1 – 2 

Apakah perlu penjelasan lagi tentang final ini? Oke, Bayern unggul cepat pada menit keenam melalui tendangan bebas Mario Basler. Jelang akhir babak kedua, Lothar Mattaeus sudah ditarik keluar yang menandakan Bayern tampaknya akan mengangkat piala di Nou Camp. Namun dua gol dari set piece pada injury time membawa United meraih gelar juara Liga Champions melalui final paling dramatis sepanjang sejarah. Usai pertandingan, Ferguson mengatakan, "Football, bloody hell!" 

7. Tottenham Hotspurs vs Manchester United 3 – 5
Premier League, 2011 

Tottenham Hotspurs vs Manchester United 3 – 5 

Spurs tampak berpesta gol dan meraih kemenangan mudah atas sang juara bertahan United dengan unggul 3-0 pada babak pertama. Di babak kedua, Andy Cole mencetak gol cepat di menit pertama. Pada menit 76, Juan Sebastian Veron membawa United berbalik unggul 4-3 dan David Beckham melengkapi kemenangan sensasional United tiga menit jelang bubaran. 

8. Everton vs Manchester United 2 – 4
Premier League, 2007 

Everton vs Manchester United 2 – 4 

Tanpa gelar juara liga dalam empat tahun dan berada di bawah bayang-bayang Jose Mourinho-nya Chelsea membuat Ferguson mengalami periode sulit kedua setelah awal kepelatihannya di United. Saat kompetisi menyisakan tiga pertandingan dan United unggul tiga angka dari The Blues, United bertandang ke Goodison Park dan Everton unggul 2-0 hingga menit 50. Gol bunuh diri mantan pemain United, Phil Neville, memberi harapan Setan Merah 20 menit jelang laga berakhir hingga akhirnya skuad Ferguson berbalik menang 4-2 dengan gol terakhir dicetak oleh Chris Eagles. Pada saat yang bersamaan Chelsea hanya meraih satu angka dan gelar juara pun akhirnya kembali ke Old Trafford. 

9. Manchester United vs Tottenham Hotspurs 5 – 2
Premier League, 2009 

Manchester United vs Tottenham Hotspurs 5 – 2 

Lagi, Spurs menjadi "korban" comeback gemilang United setelah unggul 2-0 pada babak pertama di Old Trafford. Tiga gol dalam empat menit dari Rooney dan Ronaldo membawa United berbalik unggul 4-2 dan Setan Merah pun kembali meraih gelar Premier League setelah sempat berkejaran dengan rival klasik, Liverpool. 

10. Manchester United vs Manchester City 4 – 3
Premier League, 2009 

Manchester United vs Manchester City 4 – 3 

Disebut-sebut sebagai derby Manchester terbaik dalam sejarah. United tiga kali unggul, City tiga kali menyamakan kedudukan. Gol Craig Bellamy pada menit 90 membuat sang noisy neighbour berpesta. Namun ini Manchester United dan mereka selalu bisa menemukan cara untuk memenangkan pertandingan, termasuk melalui gol Michael Owen pada Fergie Time, tepatnya enam menit setelah waktu normal selesai. Kemenangan dramatis untuk United dan sangat menyakitkan untuk City.

arhamvhy

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar