6 Hal Yang Harus Anda ketahui tentang Vitamin D

Bookmark and Share
6 Hal Yang Harus Anda ketahui tentang Vitamin D - Vitamin D mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, utamanya untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium didalam tubuh agar tetap optimal.hal ini sangat penting untuk proses pembentukan dan perbaikan tulang, sehingga apabila asupan Vitamin D tercukupi bisa membuat Tulang dan gigi menjadi kuat dan Sehat, dan tentu saja Anda juga akan terhindar dari penyakit keropos tulang ( Osteoporosis ).



Proses pembentukan Vitamin D dalam tubuh sangatlah kompleks, ini dimulai ketika kulit menyerap sinar Ultraviolet B ( UVB ) dari spektrum cahaya.Hati dan ginjal juga mempunyai peranan penting dalam proses pembuatan Vitamin D sehingga dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Kadar Vitamin D dalam tubuh seseorang :

Dimana Anda tinggal

Orang yang tinggal yang jauh dari khatulistiwa, biasanya kurang mendapat sinar UVB selama musim dingin dan tentu saja akan sedikit memperoleh asupan Vitamin D yang berasal dari paparan sinar matahari.

Kualitas Udara

Partikel karbon di udara yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, kayu, dan lainnya menyebarkan materi dan menyerap sinar UVB, sehingga mengurangi produksi Vitamin D.

Penggunaan tabir surya

Tabir surya mencegah sengatan matahari dengan menghalangi sinar UVB, ini berarti bahwa penggunaan tabir surya dapat mengurangi kadar Vitamin D seseorang.

Warna Kulit

Melanin adalah substansi dalam kulit yang membuat kulit berwarna gelap, ini biasanya membutuhkan banyak sinar UVB, sehingga tubuh akan sedikit mendapat asupan Vitamin D, kondisi ini terjadi karena adanya persaingan untuk mendapatkan sinar UVB untuk substansi kulit ( melanin ) dan UVB untuk kebutuhan Vitamin D. 

Obesitas ( kegemukan )

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obesitas berkorelasi terhadap rendahnya kadar Vitamin D dalam tubuh, dan obesitas dapat mempengaruhi bioavailabilitas vitamin D.

Usia

Dibandingkan orang yang lebih muda, orang tua memiliki tingkat kemampuan dari zat dalam kulit yang lebih rendah dalam mengubah sinar UVB ke prekursor vitamin D.dan ada juga bukti eksperimental yang menunjukkan bahwa pada orang tua kurang efisien dalam memproduksi vitamin D daripada orang yang lebih muda.

Demikian sobat ada 6 faktor yang dapat mempengaruhi Kadar vitamin D dalam tubuh seseorang, mudah-mudahan Tips Sehat kali  ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Regards


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar