kesalahan dalam wawancara kerja

Bookmark and Share

Beberapa Kesalahan yang fatal dalam wawancara kerja

Bagi kita semua yang sedang mencari pekerjaan pasti tau ada tahapan yang harus dilewati untuk mendapatkan pekerjaan yaitu Wawancara kerja. Tahapan wawancara adalah salah satu faktor yang penting apabila kita ingin mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Apabila anda melakukan kesalahan sekecilpun dalam wawancara, hal tersebut bisa mengubur anda untuk mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Nah Disini akan kami bahas mengenai Kesalahan apa saja yang harus anda hindari apabila anda ingin berhasil melalui tahapan wawancara kerja. Berikut Adalah hal yang harus anda hindari :

Terbata-bata dalam menjawab pertanyaan dan Panik

Terbata-bata dalam menjawab pertanyaan adalah salah satu faktor penilaian bahwa anda tidak siap untuk menghadapi wawancara kerja. Sangatlah penting mempersiapkan diri anda agar anda rileks dan santai menghadapi wawancara kerja. Salah satu jalan keluar yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan latihan dialog atas pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan nanti. Hal itu akan sangat membantu anda untuk menekan stress sehingga jawaban anda tidak terbata-bata. 

Selain itu, jawaban yang jujur apa adanya tanpa ada bualan bisa membuat anda terhindar dari rasa panik dan jawaban yang terbata-bata. Biasanya ungkapan yang jujur dari dalam hati lebih mudah diutarakan dibandingkan Bualan. Jadi kuncinya untuk menghindar terbata-bata adalah Jujur dan Persiapan. Jangan sampai orang yang mewawancara anda berfikir anda tidak menguasai topic wawancara karena anda ragu, panik, dan terbata-bata.

Jauhi topik yang bersifat sensitif

Tidak jarang para orang yang mewawancara pelamar melakukan obrolan-obrolan santai agar situasi tidak terlalu tegang sehingga wawancara menjadi lebih menyenangkan. Akan tetapi anda harus perhatikan, meskipun situasi menjadi santai anda sebaiknya hindari tema pembicaraan yang bersifat sensitif, seperti Politik dan juga SARA. Bukan tidak mungkin apabila anda membahas tentang hal yang sensitif tersebut membuat orang yang mewawancara anda menjadi tersinggung sehingga akan mempengaruhi penilaian anda. Jadi lebih baik pilihlah topic yang santai, ringan, dan bersifat netral.

Jauhi Gosip

Begitu Banyak orang yang ditolak dari pekerjaan yang mereka lamar karena suka bergosip. Gossip adalah penilaian yang sangat Buruk, karena bagi pewawancara gossip merupakan hal yang bisa merusak internal organisasi. Jadi hindari memulai dialog tentang Gosip apabila anda sedang melakukan wawancara.

Merasa Sok tahu

Jangan berharap anda diterima kerja apabila anda sering merasa Sok tau yang mengakibatkan anda tidak mau mendengarkan orang lain, apalagi orang yang sedang mewawancara anda. Kebanyakan organisasi atau perusahaan sangat membutuhkan orang yang bisa berkerja sama dalam sebuah TIM. Orang yang sok tau merupakan Ciri dari orang yang individualis dan susah untuk berkerja sama dalam Tim. Maka dari itu, biasakan berlatih untuk rendah hati dan mau mendengarkan orang lain.
 
Semoga artikel tentang kesalahan yang harus dihindari dalam wawancara kerja ini bisa bermanfaat untuk anda agar mendapatkan perkerjaan yang anda inginkan. Jangan lupa baca artikel terkait kami yang lain yang tidak kalah manfaatnya. Terimakasih.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar