Tetap Menjaga Kesehatan di Pusat Perbelanjaan

Bookmark and Share




Berbelanja atau sekedar berjalan-jalan di pusat perbelanjaan bisa jadi menyenangkan bagi siapa saja. Namun, sambil berbelanja pastikan Anda juga selalu waspada terhadap risiko kesehatan di pusat perbelanjaan.


Bukan tak mungkin Anda terjangkit bakteri dan virus penyakit di pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung tersebut. Untuk itu, ada baiknya Anda mewaspadai beberapa tempat paling berkuman di pusat perbelanjaan ini:


1. Udara
Sebenarnya berada dalam tempat yang didatangi banyak orang dan berbagi udara dengan mereka sudah cukup berisiko. Apalagi ruangan yang tertutup. Solusinya: menjauh dari pengunjung yang terlihat sedang sakit, misalkan flu, batuk, atau lainnya.


2. Toilet umum
Bukan rahasia jika toilet umum pasti menjadi sarang kuman di pusat perbelanjaan. Gagang pintu kamar mandi dan tempat sabun saja kemungkinan mengandung kuman. Solusinya: setelah mencuci tangan dengan bersih, gunakan tissue toilet untuk memegang gagang pintu atau semprotan di kamar mandi.

3. Meja tempat makan
Jika Anda memutuskan makan di food court sebuah pusat perbelanjaan, ingatlah untuk tidak sering menyentuh meja, sandaran kursi, atau serbet makannya. Bayangkan banyak orang yang sudah duduk di sana dan menggunakannya. Selain itu, biasanya tempat makan yang cenderung hangat juga membuat bakteri cepat berkembang. Tanpa disadari, Anda sudah duduk dan makan bersama kuman-kuman.


4. Pegangan eskalator
Memegang ban pegangan eskalator adalah kebiasaan semua orang, terutama mereka yang takut naik eskalator. Jadi sadarilah bahwa ban berjalan itu bisa jadi sudah disentuh oleh ribuan orang dan mengandung bakteri dari mereka. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir.


5. Toko mainan
Anak-anak suka menyentuh atau bahkan mencium mainan yang ada di toko. Masalahnya, anak-anak adalah penular virus yang lebih hebat dibanding orang dewasa. Ini karena ketika terkena virus, sebagian besar akan dikeluarkan lagi melalui napas oleh anak-anak, lebih banyak dari orang dewasa. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak bakteri dan virus yang ada pada kotak-kotak mainan jika anak-anak senang menyentuh, menggosok-gosokkan hidung, atau menciumi mereka.


6. Toko elektronik
Benda dalam toko elektronik seperti telepon genggam, tablet, atau komputer seringkali digunakan dengan tangan. Artinya, bisa jadi barang-barang display sudah disentuh berkali-kali oleh banyak orang dan mengandung bakteri dari banyak orang juga.


Yang perlu digarisbawahi, berarti Anda akan langsung terjangkit penyakit ketika mengunjungi tempat-tempat di atas. Namun yang penting adalah waspada dan membersihkan tangan Anda setelah mengunjunginya. Dengan demikian setidaknya Anda sudah cukup terlindungi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar