Komputer Aplikasi IT

Bookmark and Share
Komputer Aplikasi IT - World Wide Web.

 Internet.

Secara sederhana, Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yangterkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melaluisambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengankoneksi wireless.

Ketika kita log on (dalam hal ini terhubung) dengan internet, kita diberikan hak akses kekomputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengankemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi dengan koneksiwireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook.

Setelah terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya: mengirimdan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di WorldWide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.

Secara sederhana, cara kerja Internet sama seperti sistem pos atau sistem pengantar parcel,kecuali Internet bekerja dengan sangat cepat.

Misalnya, bila sekarang ini kita di Surabaya dan akan berkirim email ke Amerika, setelah kitatekan tombol Kirim (Send) selanjutnya email kita tadi akan menuju ke mail server. (Mailserver ini biasanya bukanlah komputer yang sedang kita pakai saat ini, tetapi bagian darilayanan yang ada di Internet, sehingga kita bisa saja keluar dari Internet setelah menekantombol Kirim tanpa mengganggu proses pengiriman email tersebut). Kemudian, mail serverkita tersebut akan mencoba mengontak mail server di Amerika melewati rute Jakarta -Singapura - Jepang - Amerika atau bila rute tersebut sibuk dapat menngunakan rute Australia- Amerika.

Paket data dalam Internet memiliki ukuran tertentu sehingga bila email kita tadi cukup besarbisa saja dibagi dalam beberapa paket dan masing-masing paket dapat dikirim dengan ruteyang berbeda. Setelah sampai di Amerika, mail server di sana akan membangun kembaliemail kita tersebut menjadi satu bagian utuh yang siap disajikan.

Bila satelit yang digunakan dalam rute-rute tersebut sibuk maka mail server kita akanmencoba untuk mengirim kembali setelah beberapa saat sampai benar-benar terkirim. Bilasampai maksimum sampai 4 hari lebih (tergantung setting mail server kita) email itu belumbisa terkirim maka akan dikirimkan email pemberitahuan bahwa email kita tidak sampai.

Rute yang harus dilewati paket data di Internet sangat panjang dan melibatkan banyak sekalikomputer di seluruh dunia, sehingga bila data yang kita kirimkan adalah data yang pribadidan/atau penting, sebaiknya menggunakan secure server, yaitu server yang dilengkapi denganfasilitas enkripsi data sebelum mengirim data ke komputer lain dan fasilitas dekripsi bilamenerima paket data dari komputer lain.

Fasilitas di Internet : Apa saja yang bisa kita lakukan di Internet?Berikut ini beberapa fasilitas terpenting yang disediakan di Internet, antara lain:

1. Electronic Mail atau e-mail

2. Discussion Groups

3. FTP

4.  Telnet

5.  Gopher

6.  World Wide Web

Baca Selengkapnya, KLIK DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Komputer Aplikasi bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger