Pengertian Mikrobiologi

Bookmark and Share

Pengertian  Mikrobiologi. Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jasad renik atau mikrobia. Mikrobia berasal dari kata mikro yang berarti sangat kecil dan bio yang artinya hidup. Dengan demikian Mikrobia adalah jasad hidup yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat tanpa mikroskop. Mikrobia meliputi semua jasad mikroskopik yang terdiri dari Arkhaebakteri, Khamir, Bakteri, Fungi, Sianobakteri, dan Protozoa. Mikrobia merupakan jasad uniseluler dengan sifatnya yang berbeda dari tumbuhan maupun hewan. Mikrobia mampu hidup dimana saja, di lingkungan yang lembab, kering, suhu tinggi, maupun suhu rendah. Sel mikrobia mampu melakukan proses untuk kelangsungan hidupnya tanpa tergantung pada sel-sel yang lain dan sel mikrobia dapat memproduksi tenaga maupun berkembang biak tanpa tergantung sel lain.

Mikrobia memiliki arti penting di alam, Fungsi Mikroba diantaranya sebagai pembenah alam. Sebagai pembenah alam, mikrobia dapat melakukan perombakan jasad-jasad yang telah mati atau menguraikan polutan. Mikrobia juga berperan dalam biodegradasi yang kemungkinan dapat menghasilkan produk yang dapat dikomersialisasikan , sehingga dapat dikembangkan dalam industri. Mikrobia juga dapat melakukan berbagai transformasi kimia sehingga mikrobia dapat dikatakan merupakan “pabrik kimia” karena mampu melakukan perubahan-perubahan kimia menjadi produk-produk baru.

Sebagai sel hidup, mikrobia memiliki empat karakteristik yang penting. Karakteristik Mikroba yaitu :


1. Menyerap makanan sendiri atau nutrisi.

Sel mikrobia mengambil senyawa kimia dari lingkungan dan selanjutnya dikonversi menjadi senyawa kimia lain dan tenaga.
   
2. Replikasi.

Sel mikrobia mampu melakukan sintesis dan beberapa hasil sintesisnya digunakan untuk pertumbuhan dan membentuk dua selanakan yang identik dengan induknya.
   
3. Mengalami Diferensiasi.

Sel mikrobia dapat berubah bentuk dan fungsi yang disebut dengan diferensiasi. Diferensiasi tersebut dapat dilihat dari substansi atau struktur yang semula tidak ada kemudian terbentuk. Diferensiasi biasanya merupakan bagian dari siklus hidup selulernya, misalnya sel membentuk spora atau struktur yang terlibat dalam reproduksi seksual.
   
4. Memberi Tanda.

Sel mikrobia mampu berinteraksi dengan sel lain melalui perantaraan bahan kimia.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger