Tips Memproteksi Akun dari Hacker

Bookmark and Share
Apakah Akun Anda terkena hack ? pasti pengalaman yang tidak menyenangkan, dan menjengkelkan bukan ? maka dari sekarang Anda harus mengambil beberapa langkah untuk melindungi akun Anda dari serangan hacker, seperti bak pepatah yang mengatakan " sedia payung sebelum hujan " dan bagi Anda yang pernah terkena hack, semoga kejadian ini tidak terulang kembali.


Apa sebenarnya motivasi hacker melakukan hack akun seseorang ? sudah tentu tujuannya tidak baik, biasanya seorang hacker termotivasi karena ingin mendapatkan informasi penting dan berharga dari akun orang lain yang digunakan untuk keuntungan pribadi, dan yang lebih berbahaya adalah seorang hacker bisa memanfaatkan akun seseorang untuk tindakan kejahatan dan ilegal, jika sudah begini Anda akan berada dalam masalah serius.

Untuk itu Anda harus selalu waspada dan dan perlu melakukan tindakan pencegahan untuk memproteksi agar Akun Anda tidak mudah untuk menjadi korban para hacker.Saya akan berbagi tips bagaimana cara melindungi akun Anda dari kejahatan para hacker, simak beberapa tips berikut ini :

Maksimalkan Privasi dan Pengaturan Keamanan.
Hampir semua layanan online memiliki opsi pengaturan keamanan untuk melindungi dan mengelola akun Anda dengan lebih baik.manfaatkan fitur ini semaksimal mungkin, karena ini adalah langkah awal yang harus Anda lakukan untuk melindungi akun Anda.

Aktifkan Verifikasi 2 langkah dari Google.
hal ini berlaku untuk produk google seperti : Gmail, Google+, 2 langkah verifikasi Google sebagai lapisan tambahan bagi keamanan akun Anda, jadi hacker akan melewati 2 lapisan keamanan untuk masuk ke akun Anda.Contoh : Pada saat anda membuat Aku  Gmail, Google akan mengirimkan kode Via telepon Anda yang harus di verifikasi, ini bertujuan jika hacker sudah mendapatkan password Anda, dia masih harus perlu memiliki akses ke telepon Anda untuk masuk ke Akun Anda.

Sedapat mungkin selalu gunakan HTTPS
HTTPS menjamin bahwa Anda selalu berada dalam sambungan yang aman terenkripsi,HTTPS biasanya ditemukan pada situs internet banking atau situs dimana transaksi keuangan yang terlibat melalui kartu kredit atau kartu debit.Biasanya ada juga tersedia si situs facebook dan Twitter dimana sebagian besar informasi pribadi disimpan.Jadi selalu aktifkan fitur HTTPS pada situs yang memiliki opsi tersebut.

Gunakan Informasi Palsu untuk Pertanyaan Keamanan. 
Pertanyaan keamanan adalah lapisan keamanan berupa pertanyaan-pertanyaan seperti hewan peliharaan,atau nama nenek Anda.gunakan jawaban palsu bukan jawaban nyata,ini tidak akan memungkinkan hacker untuk menhack akun Anda dengan mudah, terutama jika hacker mengetahui Anda secara pribadi.

Mengubah sandi Anda setiap 6 bulan, atau bahkan setiap 3 bulan untuk memastikan bahwa password Anda masih aman, dan tidak diketahui orang, gunakan password yang strong, jika Anda kesulitan password yang rumit, Anda dapat menggunakan beberapa manajer password seperti LastPass atau RoboForm.

Langkah-langkah yang disebutkan diatas tidak akan menjamin bahwa akun Anda tidak akan mendapatkan hack, akan tetapi paling tidak bisa meminimalisir resiko akun Anda terkena hack.  
karena hacker biasanya datang dengan cara-cara baru, akan tetapi Anda juga harus mengambil bagian Anda dalam melakukan tindakan mencegahan yang diperlukan.mudah-mudahan tips diatas dapat membantu Anda dalam melindungi akun Anda sampai batas tertentu.
Regards
 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar