Kurang Tidur Bikin Panjang Umur?

Bookmark and Share
Tidur cukup 6 hingga 7 jam yang berkualitas.

Delapan jam menjadi waktu tidur yang ideal dan diklaim baik untuk kesehatan. Namun, studi terbaru justru menunjukan hasil yang mengejutkan, orang yang tidur selama enam sampai tujuh jam hidup paling lama.

Fakta ini diperkuat oleh pendapat pakar wellness, Daniel Browne. Menurutnya, jika Anda mengurangi tidur dari 8 jam  menjadi 7 jam semalam, akan membuat Anda hidup lebih lama. Keuntungan lainnya, dengan hanya tidur 7 jam Anda akan memiliki tujuh jam ekstra untuk dibelanjakan pada kegiatan favorit Anda.

Daniel, yang menjalankan usaha City Performance Coaching, dan penulis sebuah buku baru, The Energy Equation mengkhususkan diri dalam membantu para pekerja untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik. Dia sering menangani  klien yang merasa tidak punya waktu untuk bertemu teman-teman dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Daniel menunjukkan kepada mereka dengan meningkatkan energi dan produktivitas, mereka bisa memperoleh semuanya, karier, keluarga dan waktu bersenang-senang bersama teman. Kesehariannya membantu klien meningkatkan ketenangan pikiran dan membantu mereka untuk memiliki waktu menikmati hidup sementara tetap bekerja dengan optimal.

Begini, saran Daniel untuk mengurangi tidur, namum memiliki tubuh tetap berenergi:

1. Bikin daftar hal-hal yang ingin Anda kerjakan, misalnya jalan pagi, bersepeda, hal yang membuat Anda ingin bangun lebih pagi. Atau ingin punya waktu buat mem-blow rambut sebelum ke kantor. Hal ini akan membuat Anda terpaksa bangun lebih pagi, atau tidur sedikit lebih malam. Secara tak langsung Anda telah mengurangi waktu tidur 8 jam.

2. Have fun! Menikmati hidup, bertemu dengan teman pulang kantor, nonton bioskop dengan suami, makan malam dengan si dia atau mengikuti kelas tari tango malam hari. Intinya lebih menikmati hidup. Ketika Anda benar-benar bersemangat melakukan sesuatu, Anda punya banyak energi dan tidak perlu banyak tidur. Sebaliknya, ketika Anda tertekan Anda ingin bergelung di bawah selimut dan meratapi nasib. Jadi bersenang-senanglah!

3. Mengurangi waktu tidur Anda mantap dan konsisten. Bangun 5-10 menit lebih awal setiap hari sampai Anda tiba pada jumlah tidur yang pas buat Anda.

4. Penting untuk memastikan Anda pergi ke tempat tidur dengan perasaan santai untuk memaksimalkan efektivitas tidur.
Lakukan beberapa peregangan, hindari komputer, tablet  dan telepon seluler Anda  selama setidaknya satu jam sebelum tidur sehingga pikiran Anda tenang. Jangan lupa untuk menghindari alkohol dan kopi setidaknya 4 jam sebelum tidur.

5. Jika Anda merasa sangat mengantuk di siang hari, tidur siang singkat lima sampai 20 menit. Jangan lebih dari itu! Sebab, tidur 30 menit membuat tubuh Anda masuk ke dalam tidur yang lebih dalam, akibatnya Anda akan merasa grogi setelah bangun. 

6. Pelajari meditasi, Ini bisa menjadi pengganti tidur siang.  Anda dapat disegarkan hanya dalam waktu lima menit meditasi. Namun bila Anda masih pemula, mungkin dibutuhkan waktu lebih lama.


Sumber: Dailymail

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar