Tips Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes

Bookmark and Share
Tips Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes
Kenzoo - Bagi kebanyakan orang, lecet, luka, atau goresan di kaki adalah bukan masalah besar, hal ini bisa langsung diobati dengan perban atau obat luar. Namun ini tidak bisa diterapkan bagi anda penderita diabetes, perawatan kaki yang lebih teliti setiap hari adalah sama pentingnya dengan pemantauan glukosa darah, kolesterol, dan tekanan darah. Jika Anda tidak memperhatikan mereka lebih awal, masalah kecil yang dimulai di kaki dapat menyebabkan yang benar-benar besar. Seperti diungkapkan oleh ahli perawatan kaki James Wrobel, DPM, dari University of Michigan Medical School. Bahkan penderita diabetes wanita bisa beresiko pada kurangnya menikmati hubungan sexnya. Baca : Wanita Dengan Diabetes Tidak menikmati Sexs.

Dalam posting sebelumnya kita telah membahas tentang beberapa jenis penyakit yang menyerang kaki, maka masih menjadi pembahasan lanjutan dalam artikel tersebut, kali ini kenzoo berikan Tips Merawat Kaki Bagi Penderita Diabetes. Sebaiknya berikan perawatan yang ekstra hati-hati dengan mencegah beberapa bisul atau luka yang terbuka yang dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti infeksi dan bahkan amputasi. Menurut laporan yang ditulis oleh Wrobel, orang-orang yang menderita ulkus kaki diabetik memiliki risiko lebih tinggi meninggal dalam waktu lima tahun dibandingkan orang dengan beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan limfoma Hodgkin.

Ingat bahwa luka kecil yang tidak anda rasakan benar-benar bisa menyakiti Anda nanti, terutama jika infeksi set in kadar glukosa yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan saraf yang disebut neuropati diabetes, mati rasa atau kesemutan yang dapat mempengaruhi keseimbangan dan mencegah Anda dari perasaan panas, dingin, dan bahkan rasa sakit. Kerusakan saraf juga dapat membahayakan kemampuan tubuh Anda berkeringat, yang berarti kulit pada kaki bisa kering dan retak, membuka penghalang infeksi alami tubuh. Kaki itu tekanan menyerap lemak bantalan juga mengeras dan keluar tipis, menciptakan kondisi ideal untuk ulkus kaki untuk dikembangkan.

Ketika kolesterol dan kadar tekanan tidak dikendalikan, penyempitan atau fungsi rendah pada pembuluh darah di lengan dan kaki, yang disebut penyakit pembuluh darah perifer, dapat mengurangi aliran darah dan sirkulasi. Pembuluh yang menyempit berarti kaki mendapatkan kurang oksigen dan nutrisi penting yang melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Ketika jaringan mati (suatu kondisi yang disebut gangren), amputasi dapat menjadi hal yang akan dilakukan.

Tips Perawatan Kaki

Risiko seumur hidup bahwa seseorang dengan diabetes akan mengembangkan ulkus kaki bisa setinggi 25%. Untuk menurunkan kesempatan Anda untuk memiliki ini terjadi dan untuk menjaga kaki Anda dalam kondisi prima, para ahli merekomendasikan mengambil langkah-langkah sebagai berikut :

Berhati-hatilah. Cuci kaki setiap hari dengan air hangat dan sabun, keringkan dengan baik, kemudian melunak dengan lotion, krim, atau petroleum jelly, menghindari daerah antara jari kaki. Potong kuku kaki atau mengajukan menjadi bentuk yang hampir persegi tetapi tanpa titik sudut untuk memecahkan kulit atau menyebabkan kuku tumbuh ke dalam.

Pastikan sepatu yang pas/cocok. Gunakan sepatu yang benar-benar pas dan cocok sesuai ukuran kaki anda untuk melindungi kaki. Setelah usia 40 tahun, ketika kaki semakin lebar, pertimbangkan sepatu kesehatan ortopedi untuk keseimbangan yang lebih baik dan stabilitas. Jangan pergi bertelanjang kaki. Bagi perempuan sebaiknya hindari pemakaian high hill karena dapat meningkatkan infeksi pada kuku kaki. Baca di : High hill meningkatkan infeksi pada kuku kaki.

Kenakan kaus kaki. Pakailah kaus kaki yang bersih, kaus kaki berwarna terang, dan ringan empuk yang akan menunjukkan darah atau luka pengeringan sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan masalah. Hindari penggunaan kaus kaki yang tidak bisa mengeringkan, kaus kaki katun 100% mendukung campuran sintetis yang sumbu kelembaban dan mencegah jamur.

Melawan jamur. Jamur yang tumbuh subur di air, dapat menyebabkan infeksi. Dimana Anda bisa mendapatkan jamur? Dari lantai karpet, kamar mandi, dan pusat kebugaran. Untuk membantu membunuh itu, gunakan bubuk obat kaki seperti Tinactin atau Micatin, dan semprot Lysol dalam sepatu atletik Anda.

Periksa setiap hari. Perhatikan baik-baik pada kaki Anda setiap hari. Sebuah studi baru-baru veteran laki-laki dengan diabetes menemukan bahwa lebih dari setengah tidak bisa melihat atau mencapai bagian bawah kaki mereka. Jika Anda tidak cukup fleksibel untuk melihat telapak Anda, mintalah seseorang untuk membantu atau menggunakan cermin pembesar untuk Pramuka tempat masalah seperti kemerahan, memar, dan tusukan kecil.

Bersihkan Sepatu. Cobalah sering membersihkan sepatu anda dengan menggoyangkannya untuk mengeluarkan beberapa kotoran yang ada. Puing-puing yang tampaknya tidak berbahaya seperti koin dan kerikil dapat jatuh ke dalam sepatu tanpa disadari dan dapat melukai kaki.

Jangan melakukan tindakan ekstrem. Ketidakpekaan terhadap temperatur berarti Anda secara tidak sengaja bisa merusak kaki Anda, sehingga menghindari menjadi terlalu panas atau terlalu dingin.

Panas dapat menyebabkan kaki membengkak dan dapat membakar kulit, jadi jangan rendam kaki Anda dalam air panas - dan tinggal jauh dari panas-botol air, pemanas, dan perapian, juga. Kenakan sepatu terisolasi dan kaus kaki dalam cuaca sangat dingin untuk membantu mencegah radang dingin.

Jangan Sembarangan. Jangan mencoba "operasi" apapun seperti contohnya dengan memotong kapalan Anda sendiri. Anda berisiko mendapatkan bisul atau infeksi, jadi hubungi dokter Anda untuk bantuan.

Tandai kalender. Jadwal pemeriksaan kaki rutin dengan dokter Anda - setiap beberapa bulan, atau setidaknya sekali setahun - untuk menghindari keadaan darurat kemudian.

Mengatasi Stres dan Diabetes

Aspek lain yang penting dari manajemen diabetes tetap bebas stres. Sedikit stres dapat mengirim gula darah Anda di luar kendali.

Istirahat Yang Cukup. Anda tidak bisa mengatasi stres yang sangat baik jika Anda lelah. Periksakan ke dokter jika anda memiliki apnea tidur, yang menyebabkan mendengkur dan pernapasan abnormal selama tidur anda.

Jangan makan berlebihan. Sering kali, orang yang sedang stres seperti untuk makan karena itu adalah kenyamanan bagi mereka. Tapi makan berlebihan dapat menyebabkan gula darah tinggi, jadi jika Anda harus, camilan wortel atau kue dengan bahan beras bisa menjadi tips kesehatan dalam camilan sehat anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar