5 Makanan untuk penderita Migrain

Bookmark and Share
Anda sering menderita sakit kepala sebelah ? kemungkinan itu adalah gejala Migrain.Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang paling sering dikeluhkan, serangan sakit kepala ini sering datang secara tiba-tiba dengan rasa sakit berdenyut-denyut, ditarik-tarik dan seperti dipukuli, bisasanya juga disertai dengan gangguan pada saluran cerna ( lambung ), seperti mual dan muntah.penderita biasanya juga akan sensitif terhadap cahaya, dan bau-bauan.Kalau sudah begini tentunya akan menggangu segala aktifitas Anda.


Migrain berasala dari bahasa Yunani Hemicrania ( Hemi = setengah, Cranium = Tengkorak kepala ).Serangan Migrain dapat terjadi beberapa kali setahun sampai beberapa kali seminggu, lama serangan antara 1-2 jam.Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun diduga karena adanya hyperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah ke otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses imflamasi ( luka radang ).


Menurut Profesor Richard B.Lipton, Peneliti dari The Saul R.Korey Department of Neurology Albert Einstein College of Medicine, Universitas Yeshiva, migrain merupakan suatu gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup.Nyeri berdenyut disalah satu sisi kepala tersebut dapat meningkatkan risiko mengalami serangan jantung dua kali lipat.juga penyakit kardiovaskuler lainnya sperti stroke dan tekanan darah tinggi.
Seperti dikutip dari shine bahwa ada 5 jenis makanan yang dapat menjadi rujukan guna membantu mengobati penderita Migrain,diantaranya adalah :

Bayam
kekurangan magnesium biasanya menjadi pemicu terjadinya serangan migrain, terutama pada saat menjelang menstruasi, bayam banyak mengandung magnesium dan kaya akan mineral, jadi akan cukup membantu mengatasi gangguan ini.

Brokoli
Ketika kadar magnesium berkurang, tubuh akan mengalami ketegangan otot dan migrain.mengkomsumsi makanan yang mengandung riboflavin, seperti brokoli, membantu menyeimbangkan kebutuhan magnesium sehingga dapat meredam keluhan-keluhan yang timbul.

Telur
kandungan protein dalam telur dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah, dan memberi tubuh energi untuk menjalankan aktifitas sepanjang hari tanpa ada gangguan sakit kepala.Sajikan telur sebagai menu sarapan pagi.

Yogurt
Kandungan Vitamin B dalam susu fermentasi ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, fungsi-fungsi tubuh, seperti pertumbuhan dan pembelahan sel.Vitamin yang dikenal sebagai ribovlavin ini berperan menambah cadangan energi dan membebaskan kepala dari rasa nyeri.

Susu rendah lemak
Minuman kaya kalsium ini dapat membantu mengatasi ketegangan pembuluh darah, yang mempengaruhi transmisi impuls syaraf.dimana bila aliran ini terganggu bisa mengakibatkan kepala berat dan berdebar-debar.

Demikianlah beberapa Tips makanan yang dapat membantu mengatasi dan meredekan Migrain, sehingga Anda kembali dapat melakukan aktifitas dalam keadaan sehat dan bugar tanpa terganggu dengan keluhan sakit kepala yang satu ini.
Regards

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar