Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Ms Word

Bookmark and Share
Di Footnote alias catatan kaki berguna untuk memberikan keterangan atau uraian terkait dengan tulisan pada dokumen yang kita Buat. Pada umunya pada catatan kaki dipakai pada karya Tulis, skripsi, thesis, laporan ilmiah dan sebagainya. Di Footnote pada umumnya berupa nomor bilangan kecil yang di tulis dalam bentuk seperti, Pemangkatan (Superscript). Dan Fasilitas untuk menyisipkan catatan kaki Atau Footnote pada dokumen di sediakan oleh Microsoft Word Dan cara untuk membuat catatan kaki atau Footnote, Dapat anda gunakan dengan Langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Lokasi Penempatan Footnote

Yang pertama anda pilih lokasi atau posisi penempatan footnote, Dan tempatkan kursor editor (Pada umumnya berupa garis vertikal Kedap-kedip). Lalu pada lokasi, anda tinggal klik lokasi tersebut.

2. Memulai Proses Menyisipkan Footnote

a. Cara yang pertanma melalui ribbon. Anda klik tombol menu ribbon (References) Lalu klik juga tombol (Insert Footnote).

b. Melalui keyboard shortcut. Apabila Microsoft Word anda mendukung kompatibilitas dengan Microsoft Word 2013, Bisa jadi anda dapat menggunakan shortcut (ALT + I, N,N).

3. Panduan Mengisikan Dialog Footnote

Jika telah selesai mengklik tombol insert footnote atau mengaftifkan melalui keyboard shotcut, Lalu anda akan di tampilkan sebuah dialog untuk menyisipkan Footnote.

 

Dan untuk mengisi dialog Footnote and Endnote, Berikut di bawah ini.

1. Untuk bagian Location pilih opsi Footnotes, Lalu pada kotak yang tersedia pilih (bottom of page) untuk meletakkan keterangan di bagian bawah halaman atau kertas kerja.

2. Untuk bagian format.

a. Plih (Number Format) Sesuai dengan format yang anda inginkan, Apakah berbentuk penomoran : 1, 2, 3,... ; a, b, c,... ; A, B, C,.. ; i, ii, iii,.. ; Atau I, II, III,.. Dan lain sebagainya.

b. Lalu isikan (Custom mark) Apabila anda ingin Footnote anda berupa simbol Kata, atau apapun jenisnya yang anda inginkan untuk di jadiakan Footnote.

c. Kemudian isiskan (Start at) Dengan angka yang paling kecil yang anda inginkan yang akan di gunakan sebagai a.wal dari nomor Footnote.

d. (Numbering) Apabila anda menggunakan format Nomor (Lihat pilihan Number Format) Apakah ingin nomor tersebut Sekuensial Alias berurutan untuk keseluruhan dokumen atau untuk setiap (section) Dimulai kembali dengan angka yang telah anda isikan di kotak (Start at) Yang di Atas.

4. Sisipkan Footnote    

Jika telah selesai mengisi format untuk Footnote, Anda baca sekali lagi untuk memastikan semua telah sesuai dengan apa yang anda inginkan, Kemudian klik (Insert) Untuk menambahkan Footnote di dokumen Anda.

Apabila anda menggunakan Footnote dan Endnote Gunakanlah penomoran yang berbeda Misalnya, footnote menggunakan penomoran 1 2, 3, Sedangkan endnote menggunakan i, ii, iii, Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan penomoran Referensi yang sama.

Apabila anda ingin menghapus Footnote anda, Anda bisa menghapus angka kecil yang berada pada ketikan dokumen anda, Maka anda dan keterangan atau uraian yang ada pada catatan kaki yang berada pada bagian bawah halaman Otomatis akan ikut terhapus.

Sekian saja terimakasih saya anda telah membaca Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Ms Word ini, Semoga anda berhasil dan bermanfaat untuk kita semua. Sebagai sumber artikel http://www.cara.aimyaya.com by http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/membuat-catatan-kaki-footnote-di-ms-word.html      

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar