Struktur Sel Bakteri - Eubacteria dan Archaeobacteria

Bookmark and Share
Struktur Sel Bakteri - Eubacteria  dan Archaeobacteria. Dalam pembahasan ini akan menguraikan struktur sel bakteri, baik Eubacteria maupun Archaeobacteria beserta fungsinya. Berikut struktur sel bakteri antara lain :

1. Dinding Sel  

Berfungsi sebagai pelindung dan pemberi bentuk bakteri. Tersusun dari peptidoglikan , yaitu gabungan protein dan polisakarida.
·         
a. Bakteri gram positif  : Memiliki lapisan petidoglikan yang tebal. Bewarna ungu. Contoh: Neisseria gonorrhoeae

b. Bakteri gram negatif    : Memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis. Bewarna merah muda/merah. Contoh : Streptococcus mutans.

2. Membran Plasma 

Membran yang menyelubungi sitoplasma. Tersusun dari lapisan fosfolipid dan protein. Berfungsi untuk mengatur pertukaran zat antara sel dan lingkungan

3.  Sitoplasma     
   
Cairan sel, mengandung ribosom, DNA dan granula penyimpanan

a. Ribosom  : Tersusun dari protein dan RNA. Berfungsi pd sintesis protein

b. DNA   :  Materi pembawa info genetika.

c. Granula penyimpanan :  berfungsi menyimpan cadangan makanan.

4. Kapsul & lapisan lendir 

Lapisan di luar dinding sel pada jenis bakteri tertentu. Contohnya bakteri penyebab gigi berlubang (Streptococcus mutans) yg menempel pd permukaan gigi.

5. Flagelum

Bulu cambuk / berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Berfungsi sbg alat gerak pada beberapa bakteri yg batang & spiral. Jenisnya : Monotrik = flagelum bakteri ada yg berjumlah satu.

6. Pilus dan fimbria 

Berbentuk seperti rambut halus yg menonjol dr dinding sel. Pilus mirip dengan flagellum namun lebih pendek, kaku dan berdiameter kecil. Fungsi pilus : penghubung saat bakteri melakukan konjugasi(pertukaran materi genetika dan pelekat antara bakteri dg bakteri lainnya. Pillus hanya ada di gram negative. Fimbria sejenis dg pilus namun lbih pendek.

7. Kromosom

Berada di bawah membran plasma. Mengandung pigmen klorofil untuk fotosintesis. Contoh : Chlorobium (bakteri hijau)

8. Vakuola gas 

Hidup di air dan melakukan fotosintesis. Vakuola gas memungkinkan bakteri mengapung di air untuk memperoleh cahaya matahari.

9. Endospora 

Bentuk istirahat dari beberapa bakteri. Fungsi: pertahanan diri. 

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Struktur Sel Bakteri - Eubacteria  dan Archaeobacteria bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar