Makhluk Paling Aneh Tahun 2012

Bookmark and Share
Di antara banyak temuan ilmuwan di dunia, beberapa di antaranya tergolong tak biasa dalam sudut pandang manusia. Tak jarang, temuan itu dianggap porno, tidak mungkin, ataupun mengada-ada.

Apa saja temuan paling aneh sepanjang tahun 2012? Dari beberapa informasi yang telah dirangkum oleh Kompas.com, ada puluhan temuan aneh. Namun, beberapa di antaranya tergolong yang paling aneh. Berikut uraiannya.

Amfibi berbentuk penis



Kalau ada satwa paling aneh, mungkin inilah dia. Ilmuwan menemukan makhluk yang berbentuk mirip ular yang masuk golongan reptilia, tetapi sejatinya merupakan amfibi. Morfologinya pun mirip dengan alat kelamin pria alias penis. Spesies ini diberi nama Atretochoana eiselti.


Kantung semar pemakan tikus

Spesies kantung semar terbaru ditemukan di Filipina. Nepenthes attenboroughii, demikian nama spesies tersebut, merupakan kerabat kantung semar di Kalimantan, Nepenthes rajah. Yang menakjubkan, kantung semar ini bisa memakan tikus, menghancurkan tubuh tikus dengan enzim pencernaannya.


Tikus tanpa geraham



Spesies ini ditemukan oleh peneliti Pusat penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Anang Setiawan Achmadi, yang bekerja sama dengan beberapa peneliti lain. Tikus tanpa geraham ini mendiami wilayah Sulawesi. Adanya spesies tersebut menunjukkan bahwa proses evolusi tidak selalu maju, tetapi bisa berbalik.


Makhluk pemakan DNA

Ilmuwan menemukan bahwa sebagian DNA dari makhluk bernama bdelloidea ternyata berasal dari bakteri. Menurut hipotesis ilmuwan, makhluk itu memakan DNA untuk bertahan hidup tanpa reproduksi secara kawin.


Ikan dengan "penis" bercabang empat

Monster dengan alat kelamin serupa penis bercabang empat itu bernama Gambusia quadruncus. Ilmuwan mengatakan, penis bercabang berguna untuk membantu pejantan mengatasi halangan ketika mentransfer sperma pada betina yang kelaminnya memiliki struktur pelindung.

 

Penguin menyetubuhi jasad

Seksualitas penguin mengejutkan ilmuwan. Satwa ini ternyata suka menyetubuhi jasad. Ilmuwan belum mengetahui apakah perilaku ini memang sengaja atau terjadi karena penguin tak mampu membedakan betina yang masih hidup dan sudah mati. Yang jelas, menurut pandangan ilmuwan, posisi betina mati mirip saat bereproduksi. Sebelumnya, penguin diketahui memiliki perilaku pemaksaan seksual dan homoseksual.


Lele pemakan merpati



Di bulan Desember 2012, ilmuwan menemukan perilaku aneh spesies Silurus glanis. Jenis lele yang berasal dari wilayah sungai Perancis itu mampu memakan merpati. Lele bergerak mendekati daratan, sekejap mengeluarkan sebagian tubuhnya dari air, menyambar merpati dan membawanya ke air untuk memakan. Perilaku ini kali pertama ditemukan pada lele dan membuat ilmuwan kaget.


Hewan punya 750 kaki



Spesies Illacme plenipes menjadi salah satu spesies paling aneh yang ditemukan tahun 2012. Panjang tubuh hanya 3 cm, hewan ini punya 750 kaki. Makhluk ini diduga hidup sejak 200 juta tahun lalu, saat Afrika masih bergabung dengan California dalam daratan Pangaea.

Sumber : kompas.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar