Tips Membuat Beberapa Format Halaman Dalam Satu Dokumen Microsoft Word

Bookmark and Share
Pada saat membuat dokumen umunya kita menggunakan kertas (A4 portrait) Tetapi bisa jadi di Tengah-tengah halaman dokumen, Kita perlu menyisipkan gambar yang lebar atau tabel dengan jumlah kolom yang banyak sehingga kita membutuhkan format kertas dengan menggunakan kertas (Folio / F4) Dengan bentuk (landscape). Alhamdulillah karena Microsoft Word memperbolehkan kita dan mendukung penggunaan beberapa format kertas yang berbeda dalam satu dokumen.

 
 
Misalnya, kita perlu membuat suatu dokumen dengan format kertas A4 portrait beberapa lembar, Kemudian kertas folio / F4 Landscape, Dan kembali lagi ke kertas A4 portrait. Silahkan lihat contoh gambar preview dokumen yang di atas. Dan untuk membuat dokumen seperti tersebut Di Microsoft Word 2007 Anda bisa melakukanya dengan tips dan LAngkah-langkah berikut ini.

1. Atur Kertas Dokumen Menjadi F4 Portrait

A. Yang pertama sekali buat format dokumen dengan bentuk kertas F4. Caranya : Buka (dialog page setup) Dengan cara mengklik menu ribbon (Page Layout) Kemudian klik tombol untuk memunculkan (Dialog Page Setup).

 

B. Kemudian pada dialog (page setup) Yang muncul pilih tab (Margin) Lalu pilih (Portrait).

C. Lalu pilih tab (Paper) kemudian pada (paper size) pilih ukuran kertas A4.
 
D. Seterusnya pada bagian bawah, Pastikan pada kotak (Apply To) Berisi (Whole Document) Karena anda akan membuat semua dokumen memiliki format A4 Portrait terlebih dahulu.

E. Lalu klik Ok untuk merubah dokumen menjadi memiliki format F4 Portrait.

2. Ketik Isi Dokumen 

Ketikkan teks atau sisipkan gambar pada dokumen, Dan isi dokumen sesuai dengan keinginan Anda.

3. Menyisipkan Kertas Folio Atau F4 Landscape 

Pada tahap berikutnya adalah menyisipkan Format F4 Landscape. Untuk menyisipkan kertas Folio / F4 Landscape. Dan anda bisa mengikuti Tips dan Langkah berikut ini.

A. Tempatkan kursor teks (Berupa garis vertikal Kedap-kedip) Pada akhir dokumen atau posisi tempat anda akan menyisipkan kertas Folio / F4 Landscape.

B. Lalu tampilkan kembali (dialog page setup).

C. Kemudian klik tab (Margin) Lalu pilih (Landscape).

D. Selanjutnya klik tab (Paper) Kemudian pilih ukuran kertas Folio / F4 Atau ukuran 8.5 x 13" (inchi) Apabila anda ingin kertas ukuran legal, Maka pilih saja ukuran legal dan sebagainya.

E. Kemudian pada bagian bawah pada kotak (Apply To) Pilih item (This Point Forward) Karena anda ingin membuat kertas Folio / F4 Landscape mulai dari kursor hingga keakhir dokumen.

F. Seterusnya klik Ok untuk membuat kertas Folio / F4 Landscape.

4. Kembali Ke Ukuran Kertas A4 Portrait

Untuk membuat ukuran kertas ukuran Portrait sedikit berbeda dengan yang sebelumnya.

A. Memunculkan kembali (Dialog Page Setup).

B. Lalu pada (Dialog Page Setup) yang muncul pilih tab (Margin) Lalu pilih (Portrait).

C. Seterusnya pilih tab (Paper) Kemudian pada paper size pilih ukuran kertas A4.
 
D. Dan pada bagian bawah pastikan pada kotak (Apply To) Pilih (This Point Forward).

E. Jika telah selesai Klik Ok untuk merubah dokumen kembali menjadi memiliki format (A4 Portrait).

5. Menambah Format Kertas Yang Lain

Jika anda ingin menggunakan lagi format kertas yang berbeda, Baik ukuran kertas maupun Orientasi kertas(Portrait / Landscape) Anda dapat membuat sama dengan konsep yang di atas, Khususnya pada Point 3 Dan Point 4.

Sekian terimakasih saya karena anda telah membaca Tips Membuat Beberapa Format Halaman Dalam Satu Dokumen Microsoft Word ini, Semoga anda berhasil dan bermanfaat buat kita semua. Dan sebagai sumber artikel http://www.cara.aimyaya.com by http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/tips-membuat-beberapa-format-halaman.html 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger