Metode Access, OSI Layer

Bookmark and Share
Metode Access, OSI Layer. Pengertian OSI adalah suatu jaringan komputer atau LAN yang dibangun dengan memperhatikan arsitektur standard yang dibuat lembaga standard industri dunia. Standard yang saat ini diakui dunia adalah The Open System Connection/OSI yang dibuat oleh ISO antar terminal diatur dalam standard ini.

OSI adalah suatu standard komunikasi antar mesin yang terdiri dari 7 lapisan. Ketujuh lapisan tersebut mempunyai peran dan fungsi yag berbeda satu terhadap yang lain.

Lapisan 1 (Phisical)

Lapisan terendah ini mengatur sinkronisasi pengirim dan penerima data, spesifikasi, mekanik, elektrik, dan interface antar terminal, seperti :

1. Besar tegangan
2. Frekuensi
3. Impedansi
4. Koneksi pin, dan
5. Jenis kabel


Lapisan 2 (Data Link)

Pada lapisan ini data diubah dalam bentuk paket, sinkronosasi paket yang di kirim maupun yang diterima, persiapan saluran antar terminal, pendeteksian kesalahan yang terjadi saat pengiriman data dan pengendalian akses saluran.

Lapisan 3 (Network)
Lapisan ini menentukan rute pengirim dan mengendalikan kemacetan agar data sampai di tempat tujuan dengan benar.

Lapisan 4 (Transport)

Lapisan ini mengatur keutuhan data, menerima data dari lapisan session dan meneruskannya ke lapisan network. Lapisan ini juga memeriksa apakah data telah sampai dialamat yang di tuju.

Lapisan 5 (Session)

Lapisan ini menyiapkan saluran komunikasi dan terminal dalam hubungan antar terminal, mengkoordinasikan proses pengiriman serta mengatur pertukaran data.

Lapisan 6 (Presentation)

Pada lapisan ini dilakukan konversi data agar data yang dikirim dapat dimengerti oleh penerima, kompresi teks dan penyandian data.

Lapisan 7 (Aplication)

Lapisan paling tinggi ini mengatur interaksi pengguna komputer dengan program aplikasi yang di pakai. Lapisan ini juga mengatur pemakaian bersama data dan peralatan pengiriman file dan pemakaian database.

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Metode Access, OSI Layer bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar