Fisika Kesehatan

Bookmark and Share
 Fisika Kesehatan - Sinar X.

A. Sejarah Sinar X.

 Sinar X pertama kalinya ditemukan oleh fisikawan Jerman yangbernama Wilhelm K. Roentgen di  Bulan November Pada tahun 1895. Iamemberi nama Sinar X karena sebelumnya dia tidak tahu sinar tersebut. Digunakanlah simbol X yang menandakan sesuatu yang belum diketahui.Penemuan Sinar X diinspirasi dari hasil percobaan mengamati gerak elektrondari katoda ke anoda di dalam tabung kaca hampa udara yaitu diantaranyatabung katoda (J.J Thompson) dan foto listrik (Heinrich Hertz). Peristiwaterjadinya sinar-X diawali dari percobaan Heinrich Hertz pada tahun 1887dengan menggunakan tabung hampa udara yang berisi katoda dan anodayang dihubungkan dengan sumber listrik E.

B.  Kakteristik Sinar X

1. Sinar-X ialah satu jenis gelombang elektromagnet yang mempunyaipanjang gelombang yang pendek (dalam tertib 10-9-10-11 m).

2. Sinar-X mempunyai kuasa pengionan yang rendah, ia boleh mengionkanmolekul-molekul udara.

3. Sinar-X mempunyai kuasa penembusan yang tinggi.Sinar-X yang mempunyai kuasa penembusan yang sangat tinggi dipanggilsinar-X keras. Ia mempunyai panjang gelombang yang pendek. Iabiasanya digunakan dalam perindustrian.Sinar-X yang mempunyai kuasa penembusan yang kurang tinggi dipanggilsinar-X lembut. Ia mempunyai panjang gelombang yang lebih panjang. Iabiasanya digunakan dalam bidang perubatan.

4. Sinar-X boleh dibelaukan oleh satu hablur. Oleh kerana pemisahan atomdalam hablur adalah dalam tertib pajang gelombang sinar-X (10-10 m),maka hablur boleh digunakan sebagai satu parutan belauan untuk sinar-X.C.

Proses Terbentunnya Sinar X

 Sinar X merupakan pancaran gelombang elektromagnetik denganpanjang gelombang yang sangat pendek yaitu hanya 1/10.000 panjanggelombang visible light dan besar energinya yang berkisar 100 eV- 100 ekV. Panjang gelombang sinar X jika dinyatakan dalam satuan angstrom adalah10^‐9 cm atau 0.1 Ao yang mana besar 1 angstrom(Ao)= 10^(-10 m)=1/10.000.000.000 m). Sangat pendeknya panjang gelombang sinar X, memungkinkan sinar X dapat menembus benda ‐benda /bagian tubuh yang dilaluinya.

Sinar X dapat dihasilkan oleh pembangkit sinar-X yaitu berupa tabunghampa udara yang di dalamnya terdapat filamen yang juga sebagai katoda danterdapat komponen anoda. Jika filamen dipanaskan maka akan keluar elektrondan apabila antara katoda dan anoda diberi beda potensial yang tinggi, makaelektron ‐elektron bermuatan negatif akan bergerak dipercepat menuju anodayang bermuatan positif. Saat elektron-elektron bertumbukan secara tidak

Baca Selengkapnya, klik icon dibawah ini 




Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Fisika Kesehatan bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar