Contoh Makalah Pengolahan Sampah Komposting

Bookmark and Share
Makalah 
BAB I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Secara alami bahan-bahan organik akan mengalami penguraian di alam dengan bantuan mikroba maupun biota tanah lainnya. Namun proses pengomposan yang terjadi secara alami berlangsung lama dan lambat. Untuk mempercepat proses pengomposan ini telah banyak dikembangkan teknologi-teknologi pengomposan. Baik pengomposan dengan teknologi sederhana, sedang, maupun teknologi tinggi. Pada prinsipnya pengembangan teknologi pengomposan didasarkan pada proses penguraian bahan organic yang terjadi secara alami.

Proses penguraian dioptimalkan sedemikian rupa sehingga pengomposan dapat berjalan dengan lebih cepat dan efisien. Teknologi pengomposan saat ini menjadi sangat penting artinya terutama untuk mengatasi permasalahan limbah organic, seperti untuk mengatasi masalah sampah di kota-kota besar, limbah organik industri, serta limbah pertanian dan perkebunan.

Tekhnologi pengomposan sangat beragam, baik secara aerobic maupun secara anaerobic, dengan atau tanpa activator pengomposan. Aktivator pengomposan yang sudah banyak beredar antara lain PROMI (Promoting Microbes), OrgaDec, SuperDec, AntiComp, BioPos, EM4, Green Phoskko Organic Decompesor dan SUPERFAR atau dapat juga mengunakan cacing tanah untuk mendapatkan kompos. Dalam proses composting ini setiap activator memiliki keunggulan sendiri-sendiri.

Dalam makalah ini akan disampaikan tentang prinsip dasar pengomposan limbah padat organik, khususnya pengomposan aerobik; beberapa teknologi pengomposan, prosedur pengomposan, dan bagaimana meningkatkan kualitas kompos.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian tersebut diatas, tulisan ini secara khusus akan membahas permasalahan :

1)    Apa saja teknik, teknologi dan metode pengomposan yang baik ?
2)    Bagaimana meningkatkan kualitas hasil kompos ?

Baca Selengkapnya, Klik Icon dibawah ini.
 

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Contoh Makalah Pengolahan Sampah Komposting bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger