Contoh Makalah Ilmu Gizi - Vitamin yang Larut dalam Air

Bookmark and Share
 Makalah Ilmu Gizi - Vitamin yang Larut dalam Air

BAB I PENDAHULUAN.

Vitamin (bahasa Inggris:vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organikamina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugusorganik yang memiliki atomnitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang samasekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitaminadalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawavitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin,riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau memiliki peranan yang sangat penting, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D danvitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif.Vitamin dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Vitamin larut dalam air : vitamin C dan vitamin B
2. Vitamin larut dalam lemak : vitamin A, D, E, K 

Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan vitamin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Buah-buahan dan sayuran terkenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi danhal tersebut sangatlah baik untuk tubuh. Asupan vitamin lain dapat diperoleh melaluisuplemen makanan.Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaatkesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit.Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikanmaka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapatdigantikan oleh senyawa lain. Gangguan kesehatan ini dikenal dengan istilah avitaminosis.Contohnya adalah bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. Disamping itu, asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkangangguan metabolisme pada tubuh.

Baca Selengkapnya, KLIK DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Ilmu Gizi - Vitamin yang Larut dalam Air bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger