Contoh Makalah Amanat dan Khianat

Bookmark and Share
 Makalah Agama-Amanat dan Khianat.

A. PENGERTIAN.

a. Pengertian Akhlaq.

Kata Akhlaq berasal dari Bahasa Arab yang merupakan jama’ dari kata khilqun dan khuluqun yang menrurut bahasa mengandung beberapa arti: kebiasaan, tabiat, perangai, budi pekerti atau sopan santun (Ahmad Amin, 2001:2111).
Dalam Bahasa Indonesia dan tidak berbeda pula dengan arti kata moral atau etich dalam bahasa Inggris (Shadaly, 1992:536).
Pengertian akhlaq secara terminology, menurut beberapa ahli adalah sbb:

a. Imam Ghozali mengemukakan bahwa:

Akhlaq adalah sikap yang tertanam dalam jiwa yang dari sifat itu timbul perbuatan-perbuatan yang mudah, yang tidak mempertimbangkan akal fikiran terlebih dahulu. (ya’kub, 1989:567)

b. Ahmad Amin berpendapat bahwa:

Akhlaq adalah irodah atau kehendak yang dibiasakan, pendapat tersebut berbunyi: sebagian orang membuat definisi akhlaq adalah kehendak yang dibiasakan artinya kehendak itu apabila membiasakan sesuatu, maka kebiasaan itu dinamakan akhlaq. (Amin, 1991:037).

c. Ibnu Maskawih mengatakan bahwa:

Ahlaq adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tanpa melalui pertimbangan pikiran terlebih dahulu. (Mudlor, 1998: 25}

d. Abdullah Dirov mengatakan bahwa:

Aklaq adalah kekuatan dalam kehendak yang mantab,  kekuatan dan kehendak yang mana berkombinasi membawa kecenderungan pada pemilihan pihak yang benar (dalam akhlaq yang baik) atau pihak yang jahat (dalam akhlaq yang jahat). (mudlor, 1998:38)

Dari definisi di atas, maka dapat diketahui bahwa akhlaq adalah suatu sifat yang ada di jiwa sesorang dan sifat ini timbul perbuatan-perbuatan, baik perbuatan yang baik maupun perbuatan yang jahat.

b. Dasar Pembinaan Akhlaq

Baca Selengkapnya, DOWNLOAD DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Contoh Makalah Amanat dan Khianat bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar