Apakah Anda Tipe seorang Pemimpin ?

Bookmark and Share
Sobat blogger, Kepemimpinan merupakan inti dari kemantapan dan kekuatan pribadi.Tidak mudah membuat definisi mengenai kepemimpinan tersebut, karena banyak sekali ragam pemimpin di dunia ini.Beberapa pemimpin mempunyai sifat agresif dan ramah-tamah, beberapa yang lain pemalu dan penyegar.Ada yang memiliki kepemimpinan tersebut karena kemampuan tekniknya.Ada yang memilikinya karena kepribadiannya yang menonjol, meskipun kemampuan teknisnya mungkin kurang.Seorang pemimpin mungkin punya sifat tenang atau tidak dapat diam, cerdik atau cekatan, berbentuk jangkung atau pendek, tua atau muda, pria atau wanita.
Adakah ciri-ciri memadai pada pemimpin-pemimpin besar tanpa memandang jabatan atau pekerjaan mereka yang spesifik? jawabannya adalah "Ya".Sebagian besar ahli yang pernah meneliti tentang dinamika kepemimpinan mengakhiri pembahasannya dengan sederet ciri-ciri yang tampaknya menandai para pemimpin terkenal.

Jika Anda berniat mengetahui apakah Anda termasuk tipe seorang pemimpin dan berminat mengembangkan potensi kepemimpinan Anda sepenuhnya, Anda harus meneliti dengan cermat ciri-ciri dan kualitas -kualitas yang sering kali dimiliki para pemimpin disetiap bidang.
Berikut ini diuraikan beberapa ciri dan kualitas yang biasanya menandai para pemimpin.Meskipun tidak ada pemimpin yang sempurna, orang yang memiliki ciri-ciri dibawah ini pasti mempunyai potensi yang besar untuk menjadi pemimpin.
  • Pemimpin memiliki suatu dorongan yang sangat kuat untuk berbuat sesuatu.Ia ingin maju.ia menetapkan tujuan-tujuan bagi dirinya sendiri dan tidak menyia-nyiakan usahanya untuk meraih tujuan itu.
  • Pemimpin mempunyai citra-diri ( self image ) yang positip.Ia memandang dirinya yang jauh lebih realistis dari pada orang-orang pada umumnya.Ia memiliki pemahaman yang sangat baik tentang pandangan/penilaian orang-orang lain terhadap dirinya.
  • Pemimpin memiliki rasa percaya diri  ( self-confidence ) yang cukup besar.ia percaya akan kemampuan-kemampuan dirinya, dan tidak kehilangan akal pada saat menghadapi krisis.
  • Pemimpin mempunyai keberanian untuk mengambil keputusan-keputusan dan berani mempertahankan keputusan-keputusan tersebut.ia mampu meraih kesempatan-kesempatan yang mungkin tidak terlihat orang lain.
  • Pemimpin mampu membuat pertimbangan yang masak.ia tahu bahwa keberanian dalam mengambil keputusan , bila tidak dibarengi dengan kemampuan membuat pertimbangan yang masak, akan sangat membahayakan.Oleh sebab itu, ia mengambil keputusan setelah mempertimbangkan.
  • Pemimpin bisa bergaul dengan banyak orang.seorang pemimpin harus mempunyai pengikut.Pemimpin menghargai para pengikutnya.ia mampu menghargai prestasi bawahannya, para pengikutnya betapapun kecilnya.ia pun mengakui potensi mereka untuk berkembang.
  • pemimpinn memiliki "Empati" ( kemampuan untuk ikut merasakan perasaan orang lain ).Mengucapkan selamat pagi kepada anak buahnya, belumlah cukup.ia harus mampu memahami perasaan mereka.Ia harus memiliki wawasan yang cukup mendalam tentang motivasi bawahannya.
  • Pemimpin paham akan cara-cara membuat planing dan berorganisasi.ia tidak melaksanakan planingnya secara acak-acakan.
  • Pemimpin mengetahui cara mendelegasikan wewenang.ia tidak terlalu berurusan dengan detai-detail yang seharusnya ditangani oleh para bawahannya.
  • Pemimpin mampu memberi dan menjalankan pemerintah .jika kedudukannya dalam suatu organisasi bukanlah yang tertinggi, berarti ia bukan saja sebagai seorang pemimpin tetapi juga sebagai bawahan.Pemimpin yang baik sebagai pemimpin maupun sebagai bawahan.
  • Pemimpin mampu berkomunikasi dengan baik, keatas maupun kebawah.bawahan-bawahannya mengerti akan apa yang ia katakan, dan mereka menghargai keterusterangan atau keterbukaan.
  • Pemimpin berkembang didalam tugasnya dan mengembangkan diri di dalam tugas-tugas yang baru.dengan demikian , kemampuannya tidak menjadi usang dari tahun ketahun.Ia berperilaku sesuai dengan usianya, tetapi tetap berjiwa muda.
  • Pemimpin mengkombinasikan kemampuan yang ada didalam dirinya kedalam suatu kesatuan yang terpadu.
  • Pemimpin mempunyai perangkat nilai-nilai yang sudah mapan.Ia tahu apa yang ingin ia peroleh dari hidup, tetapi ia juga tahu apa yang harus ia berikan untuk kehidupan ini.ia memiliki rasa tanggun jawab, baik yang bersifat pribadi,profesional, lokal, maupun internasioanal.
Itulah beberapa kualitas-kualitas dan ciri-ciri yang menandai seorang pemimpin menurut K.Thomas Finley, Apakah Anda memiliki ciri-ciri tersebut ? Jika jawabannya "Ya" Selamat, karena Anda memiliki bakat dan modal untuk menjadi seorang pemimpin.
Regards

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar