16 Pedoman Makanan Sehat Penderita Diabetes

Bookmark and Share
Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan para penderita diabetes adalah " Apa yang boleh saya makan ? seperti kita ketahui penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metabolisme dimana salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor makanan.
Dasar-dasar diet penderita diabetes : makan diet yang seimbang yang menekankan pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian,dan protein tanpa lemak, sambil memantau jumlah kalori total dan berolahraga secara teratur.
Apa yang Anda pilih untuk makanan sehari-hari adalah terserah Anda, akan tetapi, hal yang harus menjadi prioritas adalah bagaimana menjaga berat badan agar tetap terkontrol dan melakukan olahraga secara teratur.


Anda juga harus berusaha menjaga kadar gula darah Anda agar mendekati normal untuk mencegah komplikasi jangka panjang dari diabetes dan menghindari konsekuensi jangka pendek gula darah rendah ( hipoglikemia ), dan mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Berikut ada 16 Pedoman makanan sehat bagi penderita diabetes :
  1. Makan berbagai jenis makanan, karena tidak ada makanan tunggal yang sempurna,Anda membutuhkan campuran makanan yang seimbang untuk memenuhi semua nutrisi yang anda butuhkan.
  2. Makan produk nabati lebih banyak dan lebih sedikit produk hewani.
  3. Makan lebih banyak makanan segar dan buatan sendiri dan makanan olahan lebih sedikit.Hindari makanan cepat saji dan junk food.
  4. Pilih makanan berlemak dengan bijaksana, kurangi daging, kulit unggas,seluruh lemak produk susu,margarin,makanan yang digoreng,makanan ringan olahan.Gunakan minyak zaitun atau minyak canola untuk memasak bila memungkinkan, pilih lemak baik dari ikan dan kacang-kacangan.
  5. Pilih asupan karbohidrat dengan bijak,kurangi gula,minuman bersoda, jus buah-buahan yang sarat dengan gula.Belajarlah menyukai sereal bekatul,sayuran,buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.Pertimbangkan suplemen serat bila Anda tidak mendapatkan cukup dari makanan.
  6. Mengkomsumsi setidaknya 3 gelas susu non- atau rendah lemak sehari.
  7. Makan protein yang dimoderasi, pavor ikan dan unggas tanpa kulit.
  8. Batasi asupan natrium Anda menjadi kurang dari 2.300 mg, terutama bila terjadi peningkatan tekanan darah Anda, dengan mengurangi penggunaan garam meja, dan makanan olahan seperti sup kalengan dan jus,bumbu, makanan beku,keju, tomat saus,dan makanan ringan.
  9. Makan lebih banyak kalium seperti buah jeruk, pisang, buah-buahan segar dan sayuran lainnya.
  10. Makan lebih banyak makanan yang kaya akan kalsium seperti : produk susu rendah lemak, brokoli, bayam, dan tahu.
  11. Makan produk biji-bijian lebih terutama produk gandum.
  12. Makan lebih banyak sayuran berwarna hijau tua.
  13. Makan lebih banyak buah setidaknya 4 porsi perhari
  14. Mengkomsumsi telur tidak boleh lebih dari 1 kuning telur perhari.
  15. Makan makanan biji-bijian dan kacang-kacangan tanpa garam dalam diet Anda.
  16. Gunakan minyak sayur secukupnya, lebih baik lagi bila menggunakan minyak zaitun atau canola, usahakan mengurangi asupan minyak nabati terhidrogenasi parsial, minyak kelapa sawit dan santan.
Demikian beberapa pedoman makan sehat bagi penderita diabetes yang bisa Anda jadikan referensi  dalam merencanakan diet sehat terutama bagi penderita diabetes.
Regards 
Referensi : Harvard Health Publications on Diabetes

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar