Latihan aerobik ampuh turunkan berat badan

Bookmark and Share
Latihan aerobik ampuh turunkan berat badan
Ilustrasi jogging. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Pressmaster

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan aerobik lebih efektif mengurangi lemak tubuh dibandingkan latihan ketahanan.

Temuan ini sangat bertentangan dengan gagasan bahwa latihan ketahanan (seperti angkat beban) dapat membantu mengurangi berat badan dengan meningkatkan metabolisme. Namun, itu bukan berarti latihan ketahanan tidak berguna sama sekali bagi kesehatan tubuh Anda.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa latihan aerobik merupakan pilihan terbaik untuk mengurangi massa lemak dan tubuh," kata Cris Slentz, seorang ahli fisiologi olahraga di Duke University di Durham, North Carolina, Amerika, seperti dilansir NBC News (17/12).

Dalam penelitian ini, para ilmuwan melibatkan 234 orang dewasa yang menderita kelebihan berat dan obesitas. Setelah dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diminta mengikuti latihan ketahanan, yakni latihan angkat berat selama tiga hari dalam seminggu.

Peserta lain juga diminta mengikuti latihan aerobik, berjalan 12 mil dalam seminggu. Sisanya melakukan latihan kombinasi, tiga hari latihan angkat berat dan ditambah berjalan 12 mil. Mereka melakukan semua latihan tersebut selama delapan bulan.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology edisi 15 Desember.

Sumber : merdeka.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar