Konsep Ilmu Sosiologi dan Ekonomi

Bookmark and Share

 Ilmu Sosiologi dan Ekonomi

A. Konsep Ilmu Sosiologi

Kata sosiologi berasal dari bahasa Latin, Socius dan Logos

Socius artinyamasyarakat dan Logos artinya ilmu. Jadi sosiologi adalah ilmu tentangmasyarakat. Para ahli kemudian mencoba memberikan definisi yang lain tentangsosiologi, walaupun pada intinya definisi yang mereka kemukakan tidak berbeda jauh dengan arti secara etimologis. Perbedaannya terletak pada sudut pandangyang dilihat oleh masing-masing pakar/ahli. Ada yang menekankan pada aspek interaksi sosial, struktur sosial dan ada pula yang menekankan pada fakta-faktasosial, perubahan sosial dan lain sebagainya.

Soerjono Soekanto (1983) mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yangmempelajari struktur sosial, proses sosial termasuk perubahan-perubahan sosialdan masalah sosial. Sementara itu Roucek dan Waren mengatakan bahwasosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalamkelompok. 

William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff mengatakan bahwasosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial. SedangkanEmile Durkheim mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajarifakta-fakta sosial, yaitu fakta-fakta yang berisikan cara bertindak, berfikir danmerasakan yang mengendalikan individu tersebut.Dari berbagai pendapat para ahli tersebut di atas terlihat bahwa padaumumnya mereka sepakat bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yangmempelajari mengenai interaksi manusia di dalam kehidupan sosialnya. Sosiologi berfokus pada interaksi manusia , khususnya pada pengaruh timbal balik diantaradua orang atau lebih dalam hal perasaan, sikap, dan tindakan. Dengan kata lain bahwa sosiologi tidak begitu difokuskan pada apa yang terjadi di dalam manusia(area psikologi), melainkan pada apa yang berlangsung di antara manusia.

B. Konsep Ilmu Ekonomi

Ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana manusia memenuhikebutuhannya yang tidak terbatas dengan alat pemenuh kebutuhan yang terbatas. Dari pengertian tersebut memunculkan masalah-masalah Ekonomi, motif Ekonomi dan tindakan Ekonomi.

a. Masalah-masalah Ekonomi memiliki beberapa faktor, antara lain:
• Faktor Ekonomi
• Faktor Sosial-Budaya
• Faktor Fisik
• Faktor Pendidikan

b. Motif Ekonomi mencakup antara lain; motif internal(autonomous) danmotif eksternal(mobilized), selain itu juga ada motif-motif lainnya, yaitu:
• Memenuhi kebutuhan
• Motif keuntungan
• Motif penghargaan
• Motif kekuasaan
• Motif sosial: yang mencakup tiga poin, yaitu Integrasi sosial,struktur sosial, dan juga status sosial. Integrasi sosial diindikasikandengan adanya asimilasi, akulturasi, dan kooperasi dimana akanterjadi pembauran nilai-nilai yand ada pada masyarakat.

c. Dari adanya motif-motif di atas akan menimbulkan tindakan Ekonomiyang di bedakan menjadi 2, yaitu:
• Tindakan Rasional
• Tindakan IrrasionalBerdasarkan teori kebutuhan

Maslow, kebutuhan sendiri memiliki beberapatingkatan, yaitu:

1.Kebutuhan Fisiologis dasar 
2.Kebutuhan rasa aman dan tentram
3. Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
4.Kebutuhan untuk dihargai
5.Kebutuhan untuk aktualisasi diri.

Sumber : (http://www.scribd.com).

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Konsep Ilmu Sosiologi dan Ilmu Ekonomi bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar