Contoh Makalah Konsep Studi Islam dalam Perkembangan Pendidikan

Bookmark and Share
Makalah Agama-Konsep Studi Islam dalam Perkembangan Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN


1. Kata Pengantar

Syukur kami panjatkan atas kehadirat Alloh SWT, karena dengan karunianya yang tiada terbaas dan tuk terhingga kami dapat menyelesaikan penulisan maklah ini.
Kita ketahui bahwa membagun keperibadian islami yang terdiri dari pola pikir dan pola jiwa bagi umat yaitu dengan cara menanamkan tsagufah islam berupa, aqidah pemikiran dan perilaku islam ke dalam akad dan jiwa anak didik.
Ahirnya harapan kami semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi diri kami pribadi dan umumnya bagi yang mempelajari, kami sasar makalah jauh dari kesempurnaan oleh karnanya sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

2. Latar belakang

Islam sejak awal kemunculannya telah memperlihatkan pentingnya pendidikan bagi kehidupan manusia. Ayat pertama yang ditrima nabi Muhammad SAW adalah igra yang mengandung pesan tentang perintah memberdayakan potensi akad yang dimiliki manusia dan itu merupakan inti pendidikan dalam islam.
Pendidikan zaman dahulu seharusnya menjadi cermin untuk pendidikan masa yang akan datang, hal ini dilakukan untuk mendapat solusi menghadapi globalisasi dan perkembangan zaman yang juah berbeda dengan zaman dahulu.

BAB II
PEMBAHASAN

KOSEP STUDI ISLAM DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN


Sebelum kita membahas tentang pendidikan islam, terlebih dahulu kita membahas apa itu pendidikan

1. Menurut. M.J. Langeveld : Pendidikan itu merupakan upaya manusia dewasa membimbing yang belum kepada kedewasaan manusia dewasa membimbing yang belum kepada kedewasaan

2. Menurut Ahamad D. Marimba merumuskan pendidikan itu adalah bimbingan atau pimpinan secara secara sadar oleh si pendidika terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya keperibadian yang utama. Sedangkan pendidikan dalam pengertian luas adalah meliputi perbuatan atau semua usaha generasi tua untuk mengalihkan atau melipahkan pengetahuan, pengalaman, kecakapan serta keterampilannya kepada generasi muda, sebagai usaha untuk menyiapkan mereka agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah.

A. Konsep pendidikan ideal yang islami

Pendidikan islam yang ideal adalah membentuk manusia yang bertakwa kepada Allah SWT mampu menggunakan logikanya secara baik, berinteraksi sosial dengan baik serta bertanggung jawab dengan kata lain pendidikan islam yang ideal adalah membiana potensi spritual, emosional, intelegensi secara optimal.

Baca Selengkapnya, KLIK DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Makalah Konsep Studi Islam dalam Perkembangan Pendidikan bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar