5 Tips Mengamati Secara Tepat

Bookmark and Share
Betapapun akuratnya Anda mengamati sesuatu dan betapapun pintarnya Anda menarik kesimpulan dari pengamatan Anda,Anda tidak sepenuhnya akan objektif.Ini perlu sekali di ingat karena banyak orang mengira bahwa objektivitas murni mudah diperoleh.Objektivitas murni berada diluar jangkauan manusia.Seorang reporter berita dari New York Times tidak sepenuhnya objektif,begitu juga dengan ahli riset kimia, seorang guru, atau seorang sales manajer.

Sekali lagi pengamatan objektif adalah mustahil.Akan tetapi, seorang pemikir tulen akan mempercayai penglihatan dan pendengarannya sebelum kenyataan yang ada bertentangan dengan apa yang selama ini menjadi pedomannya.berpikir efektif paling tidak merupakan suatu pendekatan menuju objektivitas.

5 Tps mengamati secara tepat menurut K.Thomas Finley digambarkan sebagai berikut :
  • Carilah perbedaan antara " melihat " dan " memandang ".Melihat berarti memperhatikan detail-detail, memberi interpretasi, dan menarik kesimpulan.
  • Dalam " melihat " jangan terkecoh dengan harapan Anda sendiri.Anda harus melatih diri untuk melihat apa yang sesungguhnya Anda lihat, dan melihat apa yang Anda anggap harus ada.
  • Waspadalah terhadap tipuan-tipuan mata, yang dapat membuat Anda salah menginterpretasikan apa yang Anda lihat.
  • perhatikanlah kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan pada segala sesuatu yang Anda amati.Seorang pengamat yang teliti, benar-benar memanfaatkan apa yang dilihatnya.
  • berusahalah seobjektif mungkin dalam pengamatan-pengamatan Anda, tetapi ingatlah selalu bahwa objektivitas mutlak tidak mungkin ditangkap oleh manusia.
Demikain tips mengamati secara tepat, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa diposting selanjutnya yang tentunya akan lebih menarik.
Best Regards

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar