Perekonomian Empat Sektor

Bookmark and Share
Perekonomian Empat sektor. Dalam perekonomian empat sektor akan ada dua kelompok pelaku ekonomi, yaitu masyarakat luar negeri dan masyarakat dalam negeri. Pada masyarakat luar negeri terdapat rumah tangga, perusahaan, dan juga pemerintah. Demikian juga dengan pelaku ekonomi dalam negeri. Mereka saling berinteraksi sehingga membentuk sistem perputaran barang dan jasa, faktor produksi, dan uang antara pelaku ekonomi dalam negeri dan pelaku ekonomi luar negeri.



1. Rumah Tangga

Rumah tangga adalah kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri atau pun keluarga.

Pendapatan Rumah Tangga Diperoleh dari:

a. Sewa yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah menyewakan tanahnya kepada pihak lain,misalnya perusahaan.

b. Upah yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan dalam kegiatan produksi.

c. Bunga yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga dari perusahaan karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi.

d. Laba yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga dari rumah
tangga produsen karena telah mengorbankan tenaga dan pikirannya dalam mengelola perusahaan sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.

2. Perusahaan/Produsen

Kegiatan produksi adalah usaha untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kepentingan orang lain. Ditinjau dari pemiliknya, perusahaan ada yang dimiliki oleh pemerintah (negara) dan ada pula yang dimiliki oleh swasta, baik milik perseorangan maupun milik bersama.

Peran Perusahaan dalam Kegiatan Ekonomi

a. Sebagai produsen, dengan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rumah tangga keluarga, pemerintah, bahkan masyarakat luar negeri.

b. Sebagai distributor, sebagai mata rantai penyaluran barang dalam rangka melayani konsumen agar barang yang dibutuhkan sampai pada konsumen tepat waktu, tepat tempat, tepat sasaran, tepat kuantitas,dan tepat kualitas sehingga barang yang dibutuhkan masyarakat dengan mudah dapat diperoleh.

c. Sebagai agen pembangunan, kegiatan perusahaan sebagai agen pembangunan ditujukan untuk meningkatkan produksi melalui penelitian dan pengembangan.

Pemerintah merupakan pihak yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Di dalam perekonomian pemerintah bertugas untuk mengatur,mengendalikan, serta mengadakan kontrol terhadap jalannya roda perekonomian agar negara dapat maju dan rakyat dapat hidup layak dan damai.

3. Pemerintah

Peran Pemerintah dalam Kegiatan Ekonomi

a.Peranan Pemerintah sebagai Pengatur

Pengaturan kegiatan ekonomi oleh pemerintah dapat ditempuh melalui peraturan dan perundang-undangan disertai berbagai tindakan nyata.

b. Peranan Pemerintah sebagai Pengontrol

Sebagai pengontrol kegiatan ekonomi, pemerintah mempunyai bank sentral yang berfungsi mengawasi lalu lintas keuangan, antara lain jumlah uang yang beredar, tinggi rendahnya suku bunga, lalu lintas kredit, dan sebagainya. Pemerintah juga satu-satunya yang mempunyai hak untuk mencetak uang serta mengedarkannya di masyarakat.

c. Peranan Pemerintah sebagai Penguasa

1.Pemerintah memiliki alat pemaksa bagi  di dalam masyarakat, yaitu polisi.
2.Pemerintah memiliki alat peradilan bagi terselenggaranya keadilan bagi seluruh rakyat.

d. Peranan Pemerintah sebagai Konsumen

Untuk menjalankan tugasnya, pemerintah memerlukan berbagai macam barang dan jasa, misalnya untuk kegiatan administrasi,diperlukan peralatan kantor dana lat-alat tulis.

e. Peranan Pemerintah sebagai Produsen/Investor

1.Pemerintah dapat bertindak sebagai produsen untuk menghasilkan barang dan jasa yang menyangkut kepentingan orang banyak.

2.Pemerintah bertindak sebagai investor, artinya penanam modal baik seluruhnya atau sebagian pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi diIndonesia.

4. Masyarakat Luar Negeri

Peranan masyarakat luar negeri dalam perekonomian sangat penting apalagi dalam perekonomian yang menglobal seperti sekarang ini, setiap negara tidak dapat lagi menghindar dari keterlibatannya dalam perdagangan internasional jika ingin perekonomian negaranya tidak terpuruk.

Sekian dulu penjelasan mengenai perekonomian empat sektor, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Anda juga bisa melihat artikel yang berkaitan dibawah ini.

Terima kasih atas kunjungannya di blog Menara Ilmu, semoga artikel  tentang Perekonomian Empat Sektor bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger