Epidermis dan Derivat Tumbuhan

Bookmark and Share
Jaringan Epidermis dan Derivat-nya.

1.1 Definisi Epidermis.

Jaringan epidermis merupakan jaringan tubuh tumbuhan yang terletak paling luar. Jaringan epidermis menutupi seluruh tubuh tumbuhan mulai dari akar, batang, hingga daun. Biasanya epidermis hanya terdiri dari selapis sel yang berbentuk pipih dan rapat. Fungsi jaringanepidermis adalah sebagai pelindung jaringan di dalamnya serta sebagai tempat pertukaran zat. Jaringan epidermis daun terdapat di permukaan atas dan permukaan bawah daun. Jaringanepidermis daun tidak mempunyai kloroplas kecuali pada bagian sel penutup stomata.

Epidermis berfungsi sebagai pelindung terhadap hilangnya air karena penguapan (membatasitranspirasi), kerusakan mekanik (misal: diinjak-injak), perubahan temperature dan hilangnyazat-zat makanan (angin, hujan, dan lain-lain). Epidermis biasanya terdiri dari satu lapisan sel,tapi pada beberapa tumbuhan sel protoderm pada daun membelah dengan bidang pembelahansejajar dengan permukaan (periklinal), dan turunanya membelah lagi sehingga terjadiepidermis berlapis banyak (misalnya: velamen pada akar anggrek). Sebagian besar terdiri darisesl-sel yang tak terspesialisasi. Bentuk, ukuran susunan sel epidermis berbeda-beda padaberbagai jenis tumbuhan. Tapi semuanya rapat satu sama lain.

Menurut Bagod Sudjadi dan Siti Laila (30 : 2005), jaringan epidermis merupakan lapisan selyang paling luar pada daun, akar, buah, biji, dan batang. Kata epidermis berasal dari bahasaYunani (epi = di atas / menutupi;derma= kulit). Jaringan epidermis biasanya terdiri atasderetan sel tunggal yang menutupi dan melindungi semua bagian tumbuhan yang masihmuda. Secara umum, fungsi utama jaringan epidermis adalah sebagai pelindung. Namun, sel-sel epidermis sering kali memiliki cirri dan fungsi khusus yang berkaitan dengan fungsiutama organ yang ditutupi. Jaringan epidermis dapat juga berkembang dan mengalamimodifikasi menjadi sel rambut akar, sel penutup pada stomata, dan spina. Epidermis, sepertihalnya kulit pada tubuh kita, yang merupakan komponen perlindungan pertama untuk melawan kerusakan fisik dan organisme-organisme patogenik.
Pada permukaan atas daun, dinding luar epidermis ada yang membentuk lapisan tebal yang disebut lapisan kutikula misalnya daun keladi dan daun pisang; ada yang berbulu halusmisalnya daun durian. Stomata atau mulut daun merupakan modifikasi epidermis yangberfungsi untuk pertukarangas. Jaringan epidermis batang ada yang membentuk lapisantebal (lapisan kutikula) atau membentuk rambut (trikoma) sebagai alat perlindungan.

Jaringan epidermis akar ada yang menjadi rambut akar. Rambut akar berfungsi menyerap airdan garam mineral.

Ciri-ciri jaringan epidermis adalah:

Baca Selengkapnya, KLIK DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog Menara Ilmu, semoga artikel tentang  Epidermis dan Derivat Tumbuhan bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar