Ini yang Bisa Bikin Dapur Jadi Biang Penyakit

Bookmark and Share


 Dapur yang kotor bisa jadi titik awal dari semua penyakit. Padahal semua makanan berasal dari dapur. Barang-barang di dapur pun bisa jadi biang penyakit.

Saat Anda sering terserang penyakit, ada banyak hal yang disalahkan termasuk makanan yang tercemar, polusi atau virus. Tapi Anda lupa satu hal sederhana yang berawal dari rumah.

Berikut benda-benda di dapur yang bisa jadi biang penyakit untuk Anda dan keluarga, seperti dikutip dari Boldsky, Sabtu (2/11/2012):

1. Wadah yang terbuka
Ketika terburu-buru, orang sering meninggalkan kontainer atau wadah-wadah di dapur dalam keadaan terbuka, yang akan memberikan akses kuman masuk ke dalam makanan, rempah dan lainnya.

2. Sayur dan buah yang dibiarkan membusuk
Jika sayuran dan buah-buahan dibiarkan membusuk di rak dapur, dengan mudah akan mengundang penyakit ke rumah Anda. Ketika buah-buahan dan sayuran menjadi busuk, menarik lalat dan serangga kecil ini yang akan menginfeksi makanan lainnya di dapur.

3. Noda makanan yang tidak dicuci
Setiap kali Anda selesai memasak, Anda harus dapur dan peralatan masak dengan bersih. Meninggalkan dapur kotor bukanlah praktik yang sehat, karena noda makanan yang mengeras dan sulit untuk dibersihkan akan menarik semut dan kecoak yang mungkin menginfeksi makanan dan menjadi penyebab penyakit.

4. Makanan yang tidak ditutup
Sama seperti menutup semua wadah, Anda perlu juga menutupi makanan yang dimasak. Jangan pernah meninggalkan makanan terbuka karena akan dengan mudah dihinggapi kuman dan hama lainnya.

5. Dapur tanpa ventilasi
Di dapur, Anda memasak di atas api atau sumber panas. Sejumlah panas yang dihasilkan di dapur membuatnya hangat seperti pressure cooker. Jika ada begitu banyak panas dan kelembaban di dapur, itu akan mendukung pertumbuhan mikroba. Pastikan dapur Anda memiliki ventilasi yang baik. Aktifkan exhaust fan atau membuka jendela saat Anda
memasak.

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger