Penyebab Menstruasi Tidak teratur

Bookmark and Share
Penyebab Menstruasi Tidak teraturKenzoo - Gaya hidup yang anda jalani, tentunya ini buat perempuan, sangat mempengaruhi kondisi dimana siklus menstruasi tidak beraturan. Mungkin anda sering mengalami ketika bulan ini menstruasi datang secara lancar, akan tetapi bulan berikutnya anda tidak mengalami menstruasi dan keadaan ini terjadi berulang-ulang. Nah, jika dalam Tips Kesehatan kemaren kita pernah membahas tentang Mengatasi Gannguan Kram Saat menstruasi, maka tips kesehatan yang akan kenzoo bagikan kali ini membahas tentang Penyebab Menstruasi Tidak Teratur.

Sebelum kita lebih jauh dalam pembahasan masalah ini, ada baiknya anda perlu mengetahui siklus menstruasi anda. Untuk siklus yang normal, biasanya terjadi 28 hari, namun siklus ini tidak bisa dijadikan patokan karena setiap wanita mempunyai siklus yang berbeda dan bervariasi yang bisa dimulai dari 21 hari sampai 35 hari. Sedangkan pendarahan menstruasi pada umumnya berlangsung selama satu minggu atau 5 hari. Dalam hal ini, siklus menstruasi dikatakan tidak beraturan jika menstruasi datang dengan tidak mengikuti pola yang beraturan.

Mengenai Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dapat disebabkan hal-hal yang terkait dengan bagaimana anda menjalani gaya hidup anda yang diantaranya adalah :

1. Merokok

Sebagaimana kita ketahui bersama, apapun alasannya tidak ada dampak positif tentang merokok bagi kesehatan, baik bagi laki-laki maipun perempuan. Terlebih Rokok Mentol Lebih Bebahaya Dibanding Rokok Biasa. Dan bagi anda wanita yang suka merokok, ini bisa menjadikan siklus mentruasi anda kurang lancar. Selain merokok penyebab yang lain bisa karena obat-obatan, gisi buruk dan juga kafein yang anda konsumsi bisa juga menyebabkan masalah ini.

2. Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, kebanyakan mengalami gangguan menstruasi. Dan  ini bisa dikategorikan masih dalam keadaan yang wajar.

3. Sters

Ketika anda para wanita yang sedang mengalami banyak tekanan yang mungkin bisa terjadi karena masalah pekerjaan, lingkungan ataupun juga masalah keluarga, ini bisa menjadi salah satu Penyebab Menstruasi Tidak Teratur. Kelenjar adrenal akan mengeluarkan hormon kortisol yang berdampak langsung pada hormon-hormon yang terlibat dalam proses terjadinya menstruasi ketika anda sedang mengalami tekanan atau depresi.

4. Berat Badan

Obesitas dan juga sebaliknya, kurangnya berat badan juga bisa mempengaruhi siklus dan menjadi pemicu kurang lancarnya menstruasi anda.

Selain yang kenzoo sebutkan diatas, kondisi kesehatan yang sedang anda alami juga bisa menjadikan Penyebab Menstruasi Tidak Teratur. Seperti sindrom ovarium polokistik. Sindrom ini terjadi ketika beberapa kista yang sangat kecil berkembang didalam ovarium. Ketidakseimbangan hormon teroid seperti pada hipoteroidisme dapat mengakibatkan menstruasi kurang lancar. Kelainan rahim, sindrom iritasi usus, TBC penyakit hati juga menjadi salah satu dari sekian banyak hal menyebabkan gangguan menstruasi anda menjadi tidak beraturan.

Dan untuk menangani gangguan ini, langkah yang tepat adalah deteksi penyebab kurang lancarnya siklus menstruasi anda. sebagai contoh jika disebabkan karena kurangnya hormon, maka anda bisa menambahkan hormon tersebut dengan beberapa obat sehingga hormon anda kembali normal.

Semoga sedikit ulasan Tips Kesehatan ini bisa bermanfaat dalam menangani gangguan mentruasi anda yang kurang lancar.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger