Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami

Bookmark and Share
Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami. Menghilangkan jerawat secara alami memang agak merepotkan karena butuh proses untuk melakukannya, berbeda dengan obat-obat jerawat yang dijual bebas, akan tetapi secara alami tidak menimbulkan efek samping pada kulit anda.  Pada umumnya jerawat timbul pertama kali pada saat usia   sudah dewasa atau sedang Puber. penyakit ini jika dibiarkan akan bertambah parah dan semakin tidak percaya diri bagi seseorang yang mengalaminya karena penyakit ini berbentuk gumpalan keras yang menempel pada wajah. ini bukan pertama kali anda mendapatkan artikel seperti ini namun sudah banyak sebelumnya yang membahas  tentang cara menghilangkan jerawat secara alami. akan tetapi saya mencoba berbagi referensi kepada anda. Berikut Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat secara Alami serta Pencegahan dari beberapa jenis Jerawat.
1.  Penyebab Munculnya Jerawat

a.  Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
b. Produksi minyak oleh Kelenjar minyak yang terlalu berlebihan.
c.  Faktor keturuan / genetik.
d.  Faktor hormonal ketika seorang anak menginjak remaja (masa puber).
e. Adanya iritasi kulit.
f.  Sedang mengalami stress.
g. Menggunakan alat kontrasepsi seperti Pil KB, dan lain sebagainya.

2.  Jerawat Berdasarkan Jenisnya

a. Jerawat Klasik  atau Jerawat biasa.

Jenis jerawat ini mudah dikenali yaitu tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Penyebab               umumnya adalah stres, hormon dan udara lembap pemicu kulit memproduksi minyak yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya pori-pori tersumbat karena terinfeksi dengan bakteri.

Cara Pencegahan Dan  Pengobatan

Gunakan sabun wajah yang mengandung benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat.Bila dengan obat jerawat yang dijual bebas tidak berhasil, pergilah ke dokter kulit untuk memeriksakannya sekaligus mendapatkan resep obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A. Untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, pakailah obat jerawat yang mengandung benzoyl-peroksida.
Gunakan Salep obat yang mengandung antibiotik seperti Garamicyn (bisa dibeli bebas) salah satunya, bisa dicoba. Salep ini bisa membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan juga peradangan.
b. Jerawat Batu atau Sering disebut Jerawat Jagung

Jerawat batu atau jerawat jagung yaitu bentuknya besar dengan tonjolan yang meradang hebat, berkumpul hampir di seluruh area wajah (berbeda dengan jerawat biasa yang terdapat hanya di salah satu bagian wajah). Jerawat ini sering membuat penderitanyah hilang kepercaan diri.

Cara Pencegahan Dan  Pengobatan

Dengan menggunakan obat jerawat yang sering kita jumpai di toko-toko, itu tidak semua dapat menyembuhkan jerawat jenis ini kerena belum tentu cocok dengan kulit anda. Sebaiknya anda harus berkonsultasi pada dokter kulit untuk mengobatinya. Penyembuhan yang efektif adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan cortisone, yang membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam.

3. Cara Menghilangkan Jerawat Secara alami

 Anda tidak perlu membeli obat-obat jerawat yang dapat merusak kulit anda, karena tidak semua obat jerawat cocok untuk kulit anda. hal yang paling penting adalah kebanyakan obat jerawat mengandung bahan kimia yang dapat merusak pada kulit anda. Berikut adalah cara alami untuk menghilangkan jerawat :

a. Jeruk Nipis

Jeruk nipis harus diperas terlebih dahulu kemudian hasil perasan air jeruk tersebut dicampur dengan air mawar kemudian oleskan di wajah anda. setelah dioleskan pada wajah maka anda diharuskan menunggu kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

b. Putih Telur 

Pisahkan kuning telur dan putihnya, kemudian ambil putih telur tersebut lalu kocok dan setelah selesai dikocok kemudi oleskan diwajah anda. Setelah dioleskan tunggu sekitar 15 menit lalu dibilas.

c. Bawang Putih 

Iris-iris bawang putih putih tersebut kemudian oleskan diwajah anda, Setelah dioles tunggu kurang lebih 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. 

d. Tomat  

Tomat tersebut dibelah kemudian oleskan di wajah anda. Setelah selesai dioles maka tunggu beberapa saat  atau kira-kira 1 jam lalu dibilas.

4. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Ada beberapa tips alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat, yaitu:

Pertama

Ambil sepotong ubi kayu. Kupas kulitnya. Buang kulitnya. Bersihkan. Parutkan. Perah untuk dapatkan airnya. Sapukan air perahan pada muka anda yang ada bekas jerawatnya. Lakukan setiap hari selama seminggu.

Kedua

Tumbuk beberapa batang kulit kayu manis dan jadikan serbuk. Campurkan dengan sedikit air kemudian oleskan pada bekas jerawat. Lakukan selama seminggu.

Ketiga

Ambil 10 helai daun sirai muda, bersihkan dan tumbuk lumat. Bersihkan wajah anda dengan air suam dan sapukan sireh pada muka terutama di bagian bekas jerawat. Biarkan kira-kira setengah jam atau sampai kering dan lalu cuci wajah anda sampai bersih dan lap kering. Lakukan 3 kali seminggu.

Keempat
Asah kulit kayu manis dan campurkan dengan madu lebah. Tempelkan pada bekas jerawat anda setiap malam. Esoknya, cucilah dengan air suam/hangat kuku.

Kelima  
Sebelum mandi, usapkanlah kulit pisang klutuk (batu) yang sudah matang pada kulit wajah. Biarkan sekitar 10 menit, seolah-olah anda sedang dimasker. Setelah itu bilas dengan air teh basi, lalu mandi, atau cara kedua adalah dengan menghaluskan biji pinang tua, campur dengan air mawar.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger