Reproduksi :: Testis Melintir Sering Dialami Para ABG

Bookmark and Share
Pada pria, buah zakar atau biasa disebut testis merupakan organpaling vital dan sensitif. Sedikit saja benturan yang diterima padabiji kemaluan ini akan membuat seseorang meringis kesakitan. Tapi apajadinya jika rasa ngilu atau sakit itu terjadi tiba-tiba dan tanpasebab?

Rasa nyeri yang muncul tiba-tiba pada biji kemaluan(testis) bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami apa yang disebut testismelintir atau biasa disebut testicular torsio/torsi testis.

KetuaDepartemen Urologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang juga Ketua AsriUrology Center, dr. Nur Rasyid SpU,  mengatakan belum diketahui secarapasti apa yang memicu testis melintir. Tapi menurutnya, kondisi inibiasanya disebabkan oleh struktur penggantung pada biji kemaluan lebihlonggar dari bentuk normal.

"Umumnya terjadi tanpa sebab, tidakdipicu dengan pergerakan, tidak dipicu aktivitas. Malah kadang-kadangterjadi tengah malam. Jadi lagi tidur, tahu-tahu melintir," katanyasaat acara Media Edukasi Asri Urology Center, dengan tema FaktorSpermatozoa Penyebab Infertilitas Pria, Rabu, di Jakarta.

Rasyidmenambahkan, kejadian melintirnya biji kemaluan sering terjadi padaanak remaja. Dia menduga kondisi tersebut mungkin disebabkan karenapada saat itu pertumbuhan tubuh dengan testis memiliki ruangan yangcukup sehingga dapat secara tiba-tiba melintir.

"Biasanyahanya terjadi pada satu sisi. Jadi kalau satu sisinya melintir,sebelahnya harus kita ikat. Karena kalau satunya melintir dansebelahnya dibiarin, sebelahnya berisiko melintir juga suatu saat,"jelasnya.

Rasyid menjelaskan, jika biji kemaluan (testis)tersebut dibiarkan kepelintir tanpa ada upaya pengobatan, maka testisberisiko mati akibat sirkulasi aliran darah tidak berjalan lancar.

Iamengimbau, apabila biji kemaluan terpelintir selama kurang dari 6 jam,harus segera dilakukan operasi. Apabila melintir selama 6-12 jam, makatestis berpotensi mengalami kerusakan sebesar 50 persen. Sedangkankalau melintir lebih dari 24 jam, 80-90 persen testis akan berisikorusak.

"Kalau sampai testis mati terus dibiarkan dan tidakdibuang (oerasi), maka tubuh kita akan menganggap jaringan yang matiitu benda asing. Akibatnya, tubuh membentuk reaksi antigen anti bodiyang akan menyebabkan penurunan kesuburan," jelasnya.

Melintirnyabiji kemaluan umumnya ditandai dengan nyeri pada satu sisi testis,pembengakakan mendadak, kadang disertai mual dan muntah, sakit perutdan demam.

Melintirnya biji kemaluan terlihat paling sering padakelompok usia 12-18 tahun, dan kebanyakan kasus terjadi pada pria dibawah 30 tahun. Namun hal ini juga bisa terjadi pada semua usia,termasuk pada bayi baru lahir.

"Operasi adalah satu-satunyajalan. Jadi kalau melintir, jalan terbaik adalah segera datang kedokter dan operasi agar balik lagi normal," tutupnya.

Tanda dan gejala torsi testis :
  • Nyeri hebat dan tiba-tiba
  • Naiknya salah satu testis dalam skrotum (kantong testis)
  • Testis membengkak
  • Mual dan muntah
  • Terasa seperti mau pingsan
  • Demam

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger