Ragam Wisata Padang

Bookmark and Share
Brand Pariwisata Kota Padang merupakan kristalisasi dari karakter dan ciri khas yang selalu melekat di keseharian masyarakat Kota Padang.

Masyarakat Kota Padang memiliki kultur budaya yang unik dalam mengatur kehidupan masyarakatnya. Sebagai orang Minang, masyarakat Kota Padang masih tetap memegang matrilineal sistem atau sistem kekerabatan menurut garis ibu. System ini sangat unik dan  hanya dianut oleh lima suku di belahan dunia. Hal ini direpresentasikan melalui slogan 'your  motherland' selanjutnya, unsur kebersamaan orang Minangkabau yang berasal dari beberapa luhak (daerah) yang berbaur di Kota Padang merupakan daya tarik tersendiri. Hal ini menjadikan Kota Padang kaya akan keragaman adat istiadat, makanan, permainan anak nagari serta kerajinan tangan khas Minangkabau.

Dengan brand pariwisata Kota Padang, keragaman ini disimbolisasikan melalui logo berupa salah satu bagian atap Rumah Gadang serta beragam warna yang menghiasi brand tersebut.

Wisata Alam
Berada di Teluk Bungus, l4 km arah ke selatan Padang. Memiliki pantai yang landai dengan panorama  perbukitan yang ditumbuhi tanaman tropis di belakangnya. Tersedia fasilitas wisata seperti kafetaria, penyewaan perahu, arena bermain  anak-anak, dan payung-payung tatap pantai. Pantai ini ocok untuk piknik, menikmati udara dan panorama lautan lepas, berperahu  atau berkemah.

Referensi lain untuk Sektor Wisata Alam di Padang
·     Pantai Air Manis  

·    Waktu tempuh dari Bandara Internasional Minangkabau sekitar 30 menit bisa dengan menggunakan angkutan bandara (bus damri). Terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

     
Pantai Caroline
·     Laut di sekitar Pantai Caroline tidak terlau dalam. Bahkan di beberapa bagian dangkal, karena adanya  pertemuan laut dengan hulu sungai. Kawasan bibir pantai yang ditanami pohon pinus, dapat membuat nyaman warga yang berkunjung.
     
 Pulau Sikuai
·     
Salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatera. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Airud Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit.
     
Jembatan Siti Nurbaya 
Jembatan yang menghubungkan daerah Muaro dengan Kampung seberang padang. Jembatan ini tepatnya berada di daerah kota tua nya Padang.

Wisata Budaya

Randai
Merupakan seni theater khas Minangkabau yang popular, yang di dalamnya tergabung beberapa jenis kesenian seperti tari, silat, musik, dialog, dengan gerakan khas melingkar. Ceritanya diambil dari kisah-kisah kaba yang klasik maupun yang baru.

Wisata Sejarah

 Balai Kota Padang

Kota padang pada abad ke 19 merupakan kota metropolitan atau kota terbesar di luar jawa pada  masa VOC. Kota padang tumbuh dan berkembang seiring berkembangnya perdagangan kopi . kawasan kota tumbuh bergerak dari muaro ke pasa mudiak, pasa gadang, alang laweh hingga pasar raya sekarang. Alamat Balai Kota Padang di Jalan. Prof M Yamin SH, Padang.

Museum Adityawarman


Museum Adityawarman adalah salah satu museum di Sumatera Barat yang terletak di pusat kota Padang, tepatnya di Jalan Diponegoro No. 10, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang

Wisata Belanja
Kebutuhan pakaian, sepatu, tas, elektronik, film,  buah-buahan dan lain sebagainya dapat dibeli di  pusat perbelanjaan.
·     
      Pasar tradisional (Pasar Raya Padang)

Belanja di Pasar Raya seninya dengan tawar menawar. Pengunjung dapat memulai dengan menawar separuh harga lalu pelan-pelan naik hingga terjadi transaksi.
·          
      Pusat perbelanjaan modern, seperti Basko Grand Mall

Terletak di pusat kota dengan akses mudah dan cepat baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tepatnya di Jl Prof Dr Hamka No. 2A Padang

Nah sangat banyak potensi wisata di Kota Padang. Anda bebas memilih yang sesuai dengan keinginan, atau mau ke semua tempat wisata?

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar