Tips Print Foto Atau Gambar Pada Dua Halaman Kertas Atau Lebih di Excel

Bookmark and Share
Jika mencetak foto atau gambar yang berrukuran besar tentu saja akan lebih mudah menggunakan aplikasi pengolah gambar/Citra seperti Fhotoshop Atau CarelDraw. Akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa mencetak melalui aplikasi kantoran seperti Microsoft Excel. Apalagi jika kita cuma print Satu atau dua kali saja, Untuk apa menginstall Aplikasi Pengolah gambar tersebut.

Dengan menggunakan Microsoft Excel kita juga dapat mencetak Sebuah Foto atau Gambar dalam beberapa lembar kertas atau halaman. Dan setelah di Print Kita bisa menggunakan gambar tersebut, menjadi sebuah gambar yang Utuh.

 

Untuk mencetak Foto atau Gambar yang berukuran besar di beberapa lembar kertas (A4, F4) Atau yang lainya juga. Dan Anda dapat menggunakan dengan cara Langkah-langkah berikut di bawah ini.

1.- Yang pertama jalankan dan aktifkan Aplikasi Microsoft Excel.

2.- Dan sebelum memulai terlebih dahulu sebaiknya anda mengatur ukuran margin, Orientasi kertas (lanscape atau portrait) Dan (Ukuran kertas yang akan di gunakan A4, f4, atau lain sebagainya).

3.- Kemudian anda ubah view dokumen dalam bentuk page layout, Caranya,.

A.- Anda klik tab ribbon (View).

B.- Lalu klik tombol (Page Layout) Yang berada pada grup (Workbook views) Yang terletak pada bagian kiri ribbon.

 

4.- Lalu anda sisipkan gambar atau Foto yang akan anda cetak dengan cara di bawah ini.

A.- Klik tab ribbon (Insert).

B.- Kemudian klik tombol (Picture).

C.- Dan pada (dialog Insert Picture) Pilih file yang akan di masukkan ke (Worksheet) Kemudian klik tombol (Insert).

D.- Lalu Gambar atau Foto akan di sisipkan kedalam sheet yang aktif.

 

5.- Apabila ukuran gambar terlalu besar anda kecilkan dahulu, tampilan dokumen nya. Caranya, Klik dan atur (Zoom) Yang berada pada bagian kanan bawah aplikasi Microsoft Excel. 

6.- Dan untuk memperkecil tampilan, (View) dokumen geser tombol tersebut ke arah kiri. Misalnya, Hingga menjadi 20% Agar Halaman terlihat dalam dua baris.

 

7.- Dan setelah tampilan di perkecil, Langkah selanjutnya adalah, Menyesuaikan ukuran Gambar. Dan perbesar dengan cara drag pada sisi atau sudut Gambar. Lalu buat gambar menjadi kecil atau besar agar sesuai dengan jumlah halaman yang anda kehendaki, Apakah Foto atau Gambar yang ingin di cetak dalam 2 halaman, 4, halaman, 6 halaman, Dan seterusnya. Atur saja menurut kehendak anda.

 

8.- Jika telah selesai mengatur ukuran dan tampilan halaman, Langkah yang selanjutnya adalah mencetak Foto Atau Gambar tersebut.

9.- Kemudian anda tekan tombol (CTRL + P) Gunanya Untuk memunculkan (dialog Print).

10.- Lalu pilih (Printer) Yang akan anda pergunakan untuk mencetak.

11.- Terus pada (print Range) Pilih iten (All).

 

12.- Dan teruskan dengan meng klik tombol (Properties).

13.- Lalu pada dialog pengaturan konfigurasi pencetakan akan di munculkan, Anda pilih tipe atau kualitas pencetakan. Misalnya, Pada (Printer Epson TX121) Pada (Quality Options) Pilih item (Photo) Atau apabila anda ingin hasil yang lebih palig lagi bagus di gunakan (Best Photo). Anda Harus ingat !.. Masing-masing printer memiliki cara pengaturan konfigurasi yang Berbeda-beda.

14.- Kemudian anda klik tombol (Ok) Untuk menutup dialog printer (Properties).

 

15.- Lalu anda teruskan mengklik tombol (Ok) Untuk menutup (dialog print).

16.- Dan saat ini proses pencetakan segera di mulai.

Kualitas cetak akan tergantung kepada kualitas atau Resolusi Foto yang anda gunakan serta pada kualitas printer yang anda pakai.

Terimakasih saya karena telah membaca artikel ini Tips Print Foto Atau Gambar Pada Dua Halaman Kertas Atau Lebih di Excel. Sebagai sumber artikel http://www.cara.aimyaya.com. By http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/tips-print-foto-atau-gambar-pada-dua.html   

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar