Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Bookmark and Share
Teknologi Informasi - Sejarah Komputer dan Perkembangannya.

Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannyadapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :

A. Sebelum tahun 1940.
B. Setelah tahun 1940.

A. Sebelum tahun 1940

Sejak dahulu kala , proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan – penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih darisekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer dikassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, Jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar :

1. Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, danf aktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tanganmanusia

2. Peralatan Mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.

3. Peralatan Mekanik Elektronik : Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik.

4. Peralatan Elektronik : Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Baca Selengkapnya, KLIK DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Sejarah Komputer dan Perkembangannya bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar