Pre-eklampsia Berat pada Kehamilan

Bookmark and Share
Pre-eklampsia Berat pada Kehamilan.

Pendahuluan

Di Indonesia preeklampsia-eklampsia masih merupakan salah satu penyebabutama kematian maternal dan kematian perinatal yang tinggi. Oleh karena itudiagnosis dini pre-eklampsia yang merupakan tingkat pendahuluan eklampsia, serta penanganannya perlu segera dilaksanakan untuk menurunkan angka kematian ibu(AKI) dan anak. Perlu ditekankan bahwa sindrom preeklampsia ringan denganhipertensi, edema, dan proteinuri sering tidak diketahui atau tidak diperhatikan; pemeriksaan antenatal yang teratur dan secara rutin mencari tanda preeklampsiasangat penting dalam usaha pencegahan preeklampsia berat dan eklampsia, disamping pengendalian terhadap faktor-faktor predisposisi yang lain.

Definisi

Preeklampsia adalah gangguan menyeluruh mengenai malfungsi endotelvaskular dan vasospasme yang terjadi pada minggu ke 20 kehamilan dan dapat pula terjadi sampai minggu ke 4-6 postpartum. Secara klinis didefinisikan sebagai hipertensi dan proteinuria dengan maupun tidak disertai edema patologis.Preeklampsia merupakan bagian dari hipertensi yang merupakan penyulitdari kehamilan. Ini meliputi hipertensi kronis, preeklampsia superimposed denganhipertensi kronik, hipertensi gestasional, preeklampsia dan eklampsia.

Baca Selengkapnya, KLIK DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Pre-eklampsia Berat pada Kehamilan bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar