Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional

Bookmark and Share
Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional. Perdagangan internasional dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi guna mencapai kemakmuran. Untuk mencapai kemakmuran tidak terlepas dari pemenuhan kebutuhan (barang/jasa). Pemenuhan kebutuhan yang tidak mungkin diselenggarakan oleh Negara yang bersangkutan sudah barang tentu dilakukan dengan mendatangkan dari Negara lain. Dari uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa timbulnya perdagangan internasional terutama disebabkan oleh adanya :

a. Perbedaan sumber-sumber produksi.

Sumber produksi dalam hal ini berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam atau bahan baku lain yang mampu diproduksi dan dihasilkan oleh suatu Negara misalnya :

1. Minyak dan gas

2. Pertanian, Perikanan, ternak, dan hutan

3. Bahan pertambangan

4. Bahan dasar lain

b. Perbedaan dalam system distribusi.

Pendistribusian suatu barang dalam suatu Negara juga akan menimbulkan perdangan antar negara. Apabila antara produksen dan konsumen yang letaknya jauh maka, waktu yang dicapai juga akan lama, maka besar kemungkinan masyarajat yang terletak berdekatan dengan Negara lain akan memanfaatkan perbatasan tersebut untuk mendapatkan kebutuhannya, sehingga terjadilah perdagangan.

1. Perbatasan Indonesia dengan Negara Malaysia

2. Perbatasan Indonesia dengan Negara Brunei Darusalam

3. Perbatasan Indonesia dengan Negara Singapura

4. Perbatasan Indonesia dengan Negara Papua Nugini

5. Perbatasan Indonesia dengan Negara Timor Leste

c.Perbedaan dalam pola konsumsi suatu Negara.

Sesuai dengan kondisi wilayah suatu Negara yang berbeda secara geografis,kebudayaan, dan adapt istiadat, maka pola konsumsi kebutuhan masyarakat suatu Negara akan berbeda. Sehingga adakalanya barang di Negara satu dengan yang lain tidak sama jumlah dan jenisnya. Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka mereka melakukan perdagangan.

Sumber : Bayu pramutoko,SE.,MM (2012)

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger