Pengertian Senam Kondisi dan Kesegaran Jasmani

Bookmark and Share
Pengertian Senam Kondisi dan Kesegaran Jasmani.

Pengertian Senam Kondisi.

Senam kondisi adalah senam untuk memelihara atau juga meningkatkan kondisi jasmani. Kata “kondisi” dari kata bahasa inggris “condition” yang artinya keadaan atau persyaratan untuk “in condition” artinya dalam keadaan baik, dalam keadaan siap.“physical conditioning” adalah latihan jasmani untuk meningkatkan dan memeliharakemampuannya (kesegarannya). Jadi senam kondisi adalah termasuk kepada physicalconditioning. Tetapi mengenai cara memilih dan menyusun latihannya tetap berdasarkan ciri-ciri dan kaidah-kaidah senam.

Pengertian Kesegaran Jasmani

Secara fungsional pengertian kesegaran jasmani ialah “derajat kemampuan seseorang untuk melaksanakan pekerjaan tertentu yang bersifat jasmaniah yang memerlukan persyaratan tertentu”. Persyaratan-persyaratan tersebut dapat berupa persyaratan anatomis (menyangkut struktur tubuh) seperti ukuran dan bentuk tubuh,tinggi badan dan lain-lain, tapi dapat juga persyaratan yang bersifat fungsional seperti kekuatan, daya tahan, kecepatan dan lain-lain. Sebagai contoh misalnya untuk pekerjaan sebagai juru tulis di kantor tidak diperlukan persyaratan ukuran tinggi dan berat badan ataupun kekuatan sebagaimanahalnya diperlukan oleh seseorang pemain bola Voli.Pengertian lain mengenai kesegaran jasmani ialah bila kita mengambil dari bahasainggris yaitu “physical Fitness” yang berarti keselarasan atau kecocokan jasmaniah. Yang dimaksud dengan selaras atau cocok disini ialah kesesuaiannya dengan pekerjaan yangharus dilakukannya. Jika demikian maka pengertian kesegaran jasmani itu ialah tingkatkesesuaian jasmaniah seseorang dengan pekerjaannya.Kesegaran jasmani hanya dapat dipertahankan atau ditingkatkan dengan bekerjaatau berolahraga secara teratur dengan beban atau porsi yang sesuai dengan persyaratan jenis pekerjaan yang bersangkutan. Kekurangan gerak berakibat menurunnyakemampuan jasmani seperti lemah dan cepat menjadi lelah. Dalam keadaan demikianorang mudah dihinggapi penyakit. Keadaan demikian biasa disebut tidak dalam kondisi(out of condition) atau tidak fit atau sudah tidak cocok untuk mengerjakan pekerjaannya.Untuk mengembalikan kepada keadaan cocok atau fit maka yang bersangkutan perlumelakukan latihan yang dapat meningkatkan kesegarannya. Yaitu latihan yang dipilih dandisusun secara sistematis dan bertahap sesuai dengan kebutuhannya

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang  Pengertian Senam Kondisi dan Kesegaran Jasmani bermanfaat untuk anda.

Sumber : (http://www.scribd.com)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar