Menata Apartemen agar Terasa Nyaman

Bookmark and Share

Tren tinggal di apartemen semakin meningkat, khususnya di kota-kota besar. Banyak konsep yang ditawarkan, mulai konsep alami (hijau), fasilitas shopping mall, dan sebagainya. Nah, untuk menata apartemen ternyata bukanlah hal yang gampang.

Mengingat keduanya biasanya memiliki keterbatasan luas. Rumah dengan luas terbatas harus tetap mempertimbangkan segi aspek kesehatan, keamanan, dan kenyamanan, ergonomis, dan akan lebih baik lagi jika mempertimbangkan aspek keindahan atau estetikanya. Pastinya Anda akan merasa nyaman jika berada di dalam rumah yang mampu memberikan kenyamanan.

Seperti tidak sempit, ergonomis, cukup pencahayaan matahari, memiliki ventilasi udara yang sehat,dan penataan ruang apartemen yang baik. Tinggal di apartemen selalu identik dengan ruang yang serba terbatas. Cara menyiasati hal ini, kita bisa menyatukan ruang keluarga dengan area dapur bersih dan ruang makan. Di dalamnya bisa kita letakkan meja yang berfungsi untuk aktivitas makan saja.
Konsep open space sangat tepat untuk diterapkan pada hunian di apartemen, mengingat ruangan yang tersedia pun amat minim dan tidak memiliki sisa lahan. Di apartemen biasanya ruang keluarga difungsikan sebagai ruang penerima tamu. Menerapkan konsep open space dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Ada baiknya Anda menghindari penggunaan sekat-sekat permanen.

Selain itu, dapat juga menghadirkan cermin di sebagian wall treatment karena efek pemberian kaca mampu memberikan kesan luas. Bukan hanya dari segi penataan ruang, furnitur pun harus Anda pilih yang simpel dengan bentuk yang tidak terlalu rumit dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga ruang tidak berkesan penuh dan tidak menjadi sempit. Di ruang yang minim,sofa bisa difungsikan juga sebagai tempat tidur.

Sofa lipat bisa dipilih untuk membantu melengkapi ruang yang sempit, tinggal sesuaikan dengan tema interior di dalamnya. Selain penggunaan sofa, Anda pun bisa menyiasatinya dengan menggunakan furnitur built in, yaitu furnitur yang didesain sebagian atau seluruhnya menempel di dinding.

Hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu banyak menggunakan furnitur di dalamnya karena akan membuat ruangan menjadi sempit. Untuk warna sebaiknya pilih warna cat yang terang dan cerah. Jika mungkin, pilih cat yang mampu memantulkan cahaya lebih banyak daripada menyerap cahaya sehingga ruangan akan terlihat menjadi terang.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar