Ini Cinta atau Nafsu? Ini Bedanya!

Bookmark and Share

Cinta itu sebenarnya apa ya? Tampaknya kita masih belum memiliki arti yang sebenarnya dari cinta itu. Padahal pada semua orang cinta itu bisa berbeda-beda artinya.

Psikolog dan Relationship Coach Jo Hemmings mencoba menjawab salah satu pertanyaan tersulit di dunia, 'apakah cinta?' seperti dikutip FemaleFirst, Senin (17/12/2012).

Menurut Hemmings, para ilmuwan akan mendefinisikan cinta sebagai 'kondisi' neurologis seperti kelaparan atau kehausan, yang mendorong seluruh bahan kimia seperti feromon, serotonin, dan oksitosin. Namun nafsu juga didorong oleh reaksi kimia adrenalin, testosteron, dan estrogen.

Sebagian besar dari manusia memang tidak bisa membedakan antara hormon atau benar-benar mempedulikan masalah cinta atau nafsu karena membingungkan.

Bagi Anda yang mungkin baru bertemu pasangan baru atau bingung, apakah Anda sedang jatuh cinta atau nafsu, Hemmings menjelaskan perbedaan yang mungkin bisa membantu.

Cinta atau Nafsu?

Rata-rata, manusia jatuh cinta tiga atau empat kali dalam hidupnya. Dan saat awal berkencan hingga menikah, ada banyak sekali hubungan yang ternyata bukan ke arah cinta. Keduanya memang membingungkan. Khususnya wanita yang sering percaya kalau dirinya sedang jatuh cinta ketika benar-benar sedang mabuk asmara.

Cinta itu memberikan kebahagiaan yang berbeda untuk setiap orang, tapi ada beberapa tanda yang dapat mengidentifikasinya ketika memeriksa apakah itu hal yang nyata.

Cinta
  1. Anda berada dalam harmoni emosional dan mental serta seksual
  2. Cinta adalah perasaan hangat, tidak jelas, dan meyakinkan, serta memberikan Anda rasa percaya diri dan kesejahteraan.
  3. Anda akan bersamanya dalam menghadapi krisis dan mengorbankan apa pun yang diperlukan, tidak perduli apa masalahnya.
  4. Anda akan kehilangan perasaan persahabatan Anda sebanyak seks jika Anda berpisah.
Nafsu
  1. Hal terbaik tentang hubungan Anda adalah seks yang luar biasa.
  2. Pria benar-benar mencari wanita berparas cantik. Tapi gaya hidup Anda sangat berbeda dan umumnya ketertarikan hanya sedikit.
  3. Nafsu adalah perasaan liar, tak terduga, mendorong hasrat seksual tapi tidak selalu membuat Anda merasa aman da tenang.
  4. Anda tidak sepenuhnya yakin kalau ia setia 100 persen atau ia selalu mengatakan kebenaran.
Inilah hal-hal yang kerap membuat wanita bertanya, jauh dibandingkan pria. Dan memang nafsu sering menjadi morfin di dalam cinta yang bisa menghalangi penglihatan dalam mencapai tujuan dan juga bisa membakar secepat itu datang."Saran saya, jika itu membuat perasaan baik, manfaatkan semua reaksi kimia, apa pun itu dan nikmatilah!," imbuh Hemmings.

Sumber: liputan6.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar