Contoh Makalah Sistem Jual Beli Secara On-Line (E-Commerce)

Bookmark and Share
Makalah Teknologi Informasi-Sistem Jual Beli Secara On-Line (E-Commerce)

Bab I Pendahuluan.

Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya sebuah dunia baruyang lazim disebut dunia maya. Di dunia maya ini setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasanapapun yang dapat menghalanginya. Sehingga globalisasi yang sempurnasebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiraninternet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.Melalui e-commerce, untuk pertama kalinya seluruh manusia di muka bumi memilikikesempatan dan peluang yang sama agar dapat bersaing dan berhasil berbisnis didunia maya.

 Bab II Pembahasan

A. Definisi E-Commerce

E-commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secaraelektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individudengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagaimedium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business to consumer), melewati kendalaruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Dapat juga diartikan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau directselling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yangdapat menyediakan layanan "get and deliver". Ecommerce akan merubahsemua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya2 operasionaluntuk kegiatan trading (perdagangan).

Pada masa persaingan ketat di era globalisasi saat ini, maka persaingan yangsebenarnya adalah terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan kinerja dan eksistensi dalam bisnis inti. 

Dengan aplikasi e-commerce, seyogyanya hubungan antar perusahaan denganentitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukansecara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada aplikasi prinsipmanajemen secara konvensional (door to door, one-to-one relationship). Maka e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melaluimedium internet, tetapi juga terhadap terjadinya sebuah transformasi bisnis yangmengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya.Membangun dan mengimplementasikan sebuah system e-commerce bukanlahmerupakan proses instant, namun merupakan transformasi strategi dan system bisnis yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan danteknologi.

Baca Selengkapnya, KLIK DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Makalah Teknologi Informasi bermanfaat untuk anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar