‎" Ciplukan (Physalis minina)

Bookmark and Share

    ‎" Ciplukan (Physalis minina) merupakan tumbuhan liar, berupa semak/perdu yang rendah dengan nama lokal Morel berry (Inggris), Ciplukan (Indonesia), Ceplukan (Jawa); Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram); Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak); Leletokan (Minahasa). Salah satu manfaatnya untuk mengobati ayan/epilepsi. Caranya ambil 8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak dimakan setiap hari secara rutin."
    " Ciplukan (Physalis minina) merupakan tumbuhan liar, berupa semak/perdu yang rendah dengan nama lokal Morel berry (Inggris), Ciplukan (Indonesia), Ceplukan (Jawa); Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram); Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak); Leletokan (Minahasa). Salah satu manfaatnya untuk mengobati ayan/epilepsi. Caranya ambil 8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak dimakan setiap hari secara rutin."

    ‎"Buah Ciplukan mengandung senyawa kimia asam sitrun dan fisalin. Selain itu buah Ciplukan juga mengandung Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C dan Glukosa. Manfaat lainnya adalh untuk mengobati diabetes. Caranya tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya dan dibersihkan lalu dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring dan diminum 1 kali sehari."
    "Buah Ciplukan mengandung senyawa kimia asam sitrun dan fisalin. Selain itu buah Ciplukan juga mengandung Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C dan Glukosa. Manfaat lainnya adalh untuk mengobati diabetes. Caranya tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya dan dibersihkan lalu dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring dan diminum 1 kali sehari."


    sumber


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar