Cara Mudah Buat Daftar Isi di Microsoft Word

Bookmark and Share
Pada daftar isi terjadi sebuah ke harusan bagi dokumen formal, Sebab dengan daftar isi ini, pembaca dokumen laporan akan dapat dengan mudah berpindah antara sub bab dengan cepat. Meskipun demikian (Penomoran halaman) Menjadi hal yang membuat kita jadi sibuk dan bahkan tidak jarang mengalami kesulitan. Sebenarnya dartar isi ini atau (Table of Contents) Bisa dengan di buat di Microsoft Word, Dan bahkan anda bisa membuat nya hanya dalam hitungan detik saja.Meskipun demikian anda juga di haruskan mengikuti aturan penulis yang di syaratkan di Microsoft Word tersebut.

Khususnya tentang penulisan judul bab dan sub bab. Untuk bab yang anda minta menggunakan Style Heading (1) sub bab di bawah nya menggunakan Style Heading (2) Lalu sub bab di bawah nya Menggunakan Style Heading (3) Dan seterusnya. Dan untuk contoh Prakteknya Kira-kira semacam ini, Anda ingin membuat Laporan dengan outline Seperti Langkah-langkah berikut di bawah ini.

 

A.- Tahap pertama : Menggunakan Style Heading.

1.- Yang pertama ketikkan dahulu Judul bab 1 yang anda miliki, Misalnya, (Cabang dan aliran Filsafat) Ubah Style tulisan judul tersebut menjadi menggunakan (Style Heading 1) Selanjutnya Ketikkan narasi/isinya.

2.- Misalnya ada sub bab (Ontologi) Buat Style sub judul menjadi (Heading 2) Kemudian Ketikkan isinya.

3.- Kemudian untuk Ketikkan sub judul dan isi untuk (Objek Formal) Dan (Metode dalam Ontologi). Dan untuk sub judul ubah menjadi Style (Heading 3).

4.- Selanjutnya sub bab (epistemologi) Buat Style judul sub bab menjadi (Heading 2) Setara dengan sub bab (Ontologi) Dan ketikkan isi sub bab (epistemologi).

5.- Lalu untuk ketikkan sub judul dan isi untuk (Empirisme, Idealisme, Kritisisme, Rasionalisme dan Logika) Untuk sub judul ubah menjadi Style (Heading 3).

6.- Kemudian kembali menulis sub bab (Aksiologi) Dengan sub judul menggunakan (Heading 2).

7.- Dan yang terakhir kali adalah bab (Penutup) serta lampiran dengan (Heading 1) Kira-kira tampilan potongan dari dokumen tersebut, Sebagai berikut.

8.- Jika anda telah mengetik isi dokumen, Maka anda tinggal merubah semua judul dan sub judul menggunakan Style (Heading 1, Heading 2, Heading 3) Dan seterusnya. Kira-kira contoh nya Seperti Berikut di bawah ini.

 

B.- Tahap kedua : Menyisipkan Daftar isi Dokumen.

1.- Yang pertama adalah mengarahkan kursor pada bagian awal dokumen. Dan sisipkan untuk pembuatan daftar isi. Jika belum ada, Ketikkan (Daftar isi) Lalu ubah Style nya menjadi Style (Heading 1) Lalu sisipkan daftar isi Dokumen (Table of Contents) Pada halaman tersebut.

2.- Lalu klik menu ribbon (References).

3.- Kemudian pada grup (Table of Contents) Klik item ( Table of Contents).

4.- Dan pada pilihan popup menu yang di tampilkan pilih item (Automatic Table 1) Atau (Automatic Table 2) Dan jika anda ingin pada daftar isi anda ada tulisan (Contents) Atau (Table of Contents) Tetapi menurut saya sebaiknya anda klik item (Insert Table of Contents) Yang berada di bagian bawah.

 

5.- Selanjutnya pada (Dialog Table of Contents) Pastikan bahwa (Show Page Numbers) dan (Right align page numbers) Sudah anda berikan tanda Check agar daftar isi menggunakan nomor halaman dengan rata Kanan.

6.- Dan pada kotak (tab leader) pilih bentuk garis yang anda inginkan, Umumnya menggunakan garis Titik-titik.

7.- Kemudian pada bagian (general) Isikan kedalam level daftar isi, dan pada contoh kali ini kita hanya menggunkan (level 3) Karena Style yang kita gunakan adalah (Heading 1, Heading 2, Heading 3) Apabila anda ingin kedalam 4 atau lebih silahkan anda ganti saja angka tersebut dengan kedalam level yang anda kehendaki.

8.- Selanjutnya anda klik tombol (Ok) untuk melakukan penyisipan daftar isi (Table of Contents).

 

Pada daftar isi akan segera di sisipkan pada dokumen anda. Contoh daftar isi bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

 

C.- Tahap ke tiga : Memperbaiki/Mengedit Tampilan Daftar Isi.

Sesudah daftar isi di buat, Ubah tampilan daftar isi tersebut sesuai dengan urutan atau Ke inginan anda, Misalnya, untuk judul bab yang menggunakan (Style Heading 1) Harus kapital dan Tebal. dan untuk sub judul yang berasal dari (Heading 2) Menggunakan tulisan tebal dan yang lain sebagainya. 

Sekian saja terimakasih saya sebagai sumber artikel ini http://www.cara.aimyaya.com. http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/cara-mudah-buat-daftar-isi-di-microsoft.html.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger