Cara Mudah Buat Arah Tulisan Menjadi Vertikal atau Diagonal di Ms Excel

Bookmark and Share
Jika membuat tabel di Microsoft Excel, Teks atau tulisan terkadang terbatas oleh lebar kolom yang tersedia, Sehingga Teks yang ada harus di buat menjadi vertikal atau terkadang menjadi diagonal. Cara untuk membuat Teks atau tulisan vertikal kita bisa memanfaatkan toolbar yang telah di sediakan di Microsoft Excel. Berikut ini anda dapat menggunkan Langkah-langkah di bawah ini.

1.- Yang pertama anda klik atau pilih cell yang Teks nya akan di buat menjadi vertikel atau diagonal. Misalnya, Tulisan dengan isi sel hasil pengamatan (1).

2.- Lalu klik menu ribbon (Home).

3.- Kemudian klik tombol (orientation) yang pada grup (alignment).

4.- Pada popup menu yang di tampilkan, anda klik salah satu pilihan yang telah ada.

5.- Apabila isi teks adalah hasil pengamatan (1) maka ?

Angle Counterclockwise : Membuat tulisan miring dirotasi berlawanan arah jarum jam. Dan tulisan akan terlihat Menanjak. Dan kata hasil menjadi berada di Bawah.

Angle Clockwise : Membuat tulisan miring dirotasi/di putar kearah arah jarum jam. Tulisan akan terlihat Menurun, Kata hasil akan mejadi berada di Atas.

Vertikal Text : Tulisan akan di buat vertikal dengan susunan per satu Huruf, Huruf (H) Di baris pertama Huruf (A) di baris ke dua, Dan seterusnya.

Rotate Text Up : Tulisan akan di buat vertikal atau dirotasi (90) derajat (Counter clockwise), Dengan kata hasil berada di bagian bawah.

Rotate Text Down : Tulisan akan di buat Vertikal atau dirotasi (90) derajat (clockwise) Dengan kata hasil berada di bagian atas.

Format Cell Alignment : Menampilkan dialog untuk pengaturan Teks lebih lanjut. Misalnya, pilih item (Rotate Texs Up) Untuk membuat tulisan vertikal.

6.- Teks atau tulisan yang ada di dalam cell akan lansung menjadi vertikal.

 

7.- Jika anda ingin membuat tulisan diagonal atau miring yang tidak pas (45 derajat) Maka anda bisa mengaturnya lebih lanjut dengan meng klik item (format Cell Alignment) Pada (dialog Format Cell) dan atur kemiringan teks atau tulisan pada panel (Orientation) Yang ada pada bagian sebelah Kanan.

Sekian terimakasih semoga bermanfaat buat kita semua dengan Cara Mudah Buat Arah Tulisan Menjadi Vertikal atau Diagonal di Ms Excel ini http://karya-mandau.blogspot.com/2012/12/cara-mudah-buat-arah-tulisan-menjadi.html.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger