Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Bookmark and Share
Kali ini kami akan membahas mengenai Cara Mengatasi Rambut Rontok tapi sebelumnya kami akan menjelaskan mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Rambut.

Rambut adalah sesuatu yang keluar dari kulit dan kulit kepala, rambut tidak mempunyai syaraf perasa, sehingga rambut tidak terasa sakit jika dipangkas. Rambut sering kali disebut sebagai Mahkota yang berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari maupun pada saat cuaca dingin. Rambut membutuhkan penataan dan perawatan secara teratur supaya rambut tetap sehat, indah, dan berkilau.

Jenis Rambut dapat dibedakan menjadi 4 bagian yaitu:

<< Rambut Normal >>
Rambut normal yaitu rambut yang terlihat sehat, kokoh, lembut, dan mudah dirapikan, baik diwaktu basah maupun kering. Kalau sedang bersih akan terlihat mengkilat tetapi tidak berminyak. Cirinya kelihatan segar, tidak lengket dan tidak kusam sehingga mudah diatur.

<< Rambut kering >>
Rambut kering adalah rambut yang kelihatan suram dan mudah rusak, hal ini disebabkan oleh akibat kekurangan sekresi kelenjar sebasea. Rambut yang cenderung mudah kusut, disisir akan merusak batang rambut dan ujung rambut yang pecah, kutikel rambut menjadi terangkat dan lepas. Penyebab rambut kering ini terjadi pada rambut yang sering kena trauma baik mekanik maupun kimiawi, terlalu kencang diikat, terlalu kuat dipucatkan, terlalu sering shampoo , diblow dan sebagainya.

Ciri – cirinya: Bila dipegang tangan kaku, gersang, bersuara dan pudar, warna rambut pirang/merah tidak bercahaya, tumbuhnya sering tipis & sisik-sisiknya lebih merenggang jadi lebih mudah menerima zat cair

<< Rambut Porous ( termasuk jenis rambut kering) >>
Rambut porous adalah rambut yang menyerap zat cair, kering, bercabang, dengan pertumbuhan rambut yang sedikit serta kadang berwarna kemerahan yang diakibatkan oleh banyaknya penyasakan, dan bahan kimia kosmetik rambut.

<< Rambut Berminyak>>
Rambut berminyak adalah rambut yang terlihat basah dan lengket, mudah kotor karena debu, mudah lengket dan kadang membentuk rumpun rambut (gimbal).

Setelah mengetahui jenis rambut anda, berikut beberapa cara alami yang anda dapat lakukan untuk mengatasi Rambut Rontok.

< Teh >
Teh hijau dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat anda manfaatkan untuk melindungi serta merawat rambut dari paparan polusi terlebih dari serangan UV yang dapat merusak rambut bahkan menyebabkan kerontokan.

Berikut beberapa macam teh dan fungsinya:

  • Teh melati memiliki manfaat untuk menjaga bahkan membuat rambut anda semakin berkilau. 
  • Teh daun mint, berfungsi sebagai penyejuk bagi kulit kepala anda bahkan mampu mengangkat minyak berlebih serta kotoran penyebab ketombe dikulit kepala serta mengurangi rasa gatal. 

Mencuci rambut dengan teh dapat anda lakukan dengan mengendapkan air rebusan daun teh semalaman kemudian anda gunakan untuk mencuci rambut anda. Air teh yang sudah anda endapkan tersebut, dapat juga anda gosokkan pada kulit kepala. Lakukan cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan teh ini pada saat sebelum keramas.

< Alpukat >
Cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh rambut kering, dapat anda gunakan perawatan dengan memanfaatkan alpukat. Kandungan alami alpukat yang tinggi asam lemak serta nutrisi yang baik bagi rambut tentunya dapat menjaga kesehatan rambut anda serta mencegah rambut anda rontok. Gunakan alpukat ini sebagai masker untuk menutrisi rambut rontok pada perawatan harian rambut anda.

Lumatkan alpukat yang sudah matang benar, hancurkan hingga benar-benar lembut atau hingga menjadi pasta. Usapkan secara merata dan menyeluruh pada rambut anda mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan kurang lebih setengah jam lalu bilas rambut anda dengan menggunakan air bersih.

< Kemiri >
Cara mengatasi rambut rontok bisa juga anda manfaatkan kemiri, minyak kemiri dapat memperbaiki serta mampu menguatkan akar rambut hingga tidak mudah rontok. Kandungan minyak yang terdapat pada kemiri sangat bagus sekali bagi akar rambut anda. Selain anda dapat membeli minyak kemiri anda juga dapat membuat minyak kemiri sendrii dirumah. Cara membuat minyak kemiri, ambil secukupnya kemiri lalu tumbuk kasar kemiri tersebut setelah itu kemiri kasar tadi sangrai menggunakan api yang sedang. Setelah disangrai, tumbuk kembali kemiri hingga halus benar hingga mengeluarkan minyak alami. Anda dapat menggunakan minyak kemiri ini pada saat creambath sebelum keramas.

Demikianlah info kesehatan kali ini membahas mengenai Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok. Selanjutnya info lainnya yang penting untuk Anda baca mengenai gejala penyakit TBC. Terima kasih. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar