Bagaimana Membaca Sekilas yang tepat

Bookmark and Share
Skimming atau " Membaca Secara Sekilas " adalah satu teknik membaca cepat dan sekaligus merupakan suatu proses seleksi dan eliminasi ( membuang yang tidak diperlukan ).Seorang pembaca yang efisien, membaca secara sekilas untuk memilih dan menentukan apa yang perlu dibaca dengan teliti, untuk mendapatkan makna keseluruhan.jadi ada bagian yang perlu dibaca secara sambil lalu, dan ada pula bagian-bagian yang harus dibaca dengan cermat.
Menurut kamus Webster, skimming adalah " membaca secara dangkal dan cepat untuk memperoleh pokok-pokok pikiran" Tentu saja, ada banyak sekali materi yang hanya memerlukan skimming.Surat-menyurat dalam bisnis misalnya, meliputi surat-surat yang penting maupun yang kurang penting.Dengan cara skimming seorang businesman mengetahui surat-surat mana yang memerlukan perhatian segera dan cermat,seksama dan surat-surat mana yang bisa ditunda urusannya.cara ini memungkinkan ia memberikan perhatian kepada surat-surat yang harus dibaca secara teliti  dan dijawab segera.
Skimming adalah suatu teknik membaca banyak yang diterapkan oleh para pembaca majalah dan surat kabar.Jadi, sampai tingkat tertentu skimming merupakan suatu keterampilan yang sudah banyak dimiliki orang.Akan tetapi apa yang membedakan seorang "skimmer" yang berkompeten dan dengan seorang skimmer yang tidak berkompeten? Bagaimana caranya agar seseorang menjadi mahir dalam skimming ?

Dibawah ini diuraikan beberapa hal yang diperlukan :
  1. Ketahuilah dengan pasti informasi apa yang Anda cari dan butuhkan.tanpa ini, tujuan skimming menjadi tidak jelas.
  2. Bacalah selalu daftar isi dalam sebuah buku nonfiksi.ini akan memberi Anda  suatu gambaran yang jauh lebih jelas tentang isi buku tersebut secara keseluruhan daripada dengan cara membuka-buka halaman demi halaman.
  3. Jangan lewatkan kata pengantar, pendahuluan,tabel-tabel ilustrasi, dan tabel-tabel grafik yang ada didalam buku nonfiksi.Semua yang disebut tadi, ditambah dengan daftaer isi, akan memberikan suatu gambaran awal yang sangat penting.
  4. Jika anda mencari suatu Informasi tertentu dalam sebuah buku,lihatlah halaman indeks ( biasanya paling belakang ).Bagian ini sangat membantu mempercepat kita dalam menentukan informasi tertentu.
  5. Lewatkan bagian-bagian dari buku atau artikel yang tidak memuat bahan yang Anda perlukan.Sehubungan dengan ini, perlu Anda ingat bahwa para reporter surat kabar selalu menyajikan fakta-fakta yang paling penting pada awal berita, yang kemudian dilanjutkan hal-hal lain yang semakin menurun kadar pentingnya.Cara ini memungkinkan pembaca untuk mendapatkan fakta-fakta paling penting dari sebuah artikel tanpa perlu membaca seliuruhnya.
  6. Bacalah pokok-pokok pikirannya saja, lewatkan detai-detainya.Ini merupakan keterampilan paling penting dari membaca cepat.
Demikian beberapa hal yang perlu di perhatikan jika Anda berniat ingin meningkatkan kompetensi dalam skimming, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda.
Best Regards

 

    { 0 komentar... Views All / Send Comment! }

    Poskan Komentar