Pengertian Ilmu Komunikasi

Bookmark and Share
Pengertian Ilmu Komunikasi. Sebelum kita membahas mengenai pengertian ilmu komunikasi terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu ilmu? ilmu komunikasi adalah dua kata yang berbeda. Pada dasarnya Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.  Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Adapun pengertian ilmu dalam dunia ilmiah adalah :

1. Ilmu harus merupakan suatu pengetahuan yang didasarkan pada logika
2. Ilmu harus terorganisasikan secara sistematik
3. Ilmu harus berlaku umum.

Pengertian ilmu komunikasi sebagai berikut.

Pengertian mengenai ilmu komunikasi, pada dasarnya mempunyai ciri yang sama dengan pengertian ilmu secara umum. Yang membedakan adalah objek kajiannya, di mana perhatian dan telaah difokuskan pada peristiwa-peristiwa komunikasi antar manusia. Mengenai hal itu Berger & Chafee (1987) menyatakan bahwa Ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.

Pengertian di atas memberikan tiga pokok pikiran:

1. Objek pengamatan yang jadi fokus perhatian dalam ilmu komunikasi adalah produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang dalam konteks kehidupan manusia.

2. ilmu komunikasi bersifat ilmiah empiris (scientific) dalam arti pokok-pokok pikiran dalam ilmu komunikasi (dalam bentuk teori-teori) harus berlaku umum.

3. ilmu komunikasi bertujuan menjelaskan fenomena sosial yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang.
Sehingga secara umum ilmu komunikasi adalah pengetahuan tentang peristiwa komunikasi yang diperoleh melalui suatu penelitian tentang sistem, proses, dan pengaruhnya yang dapat dilakukan secara rasional dan sistematis, serta kebenarannya dapat diuji dan digeneralisasikan.

Sekian penjelasan mengenai  pengertian ilmu dan ilmu komunikasi, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda semua, terutama bagi yang membutuhkan referensi ini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger