Cara Terbaik Membuat Drop Down List di Ms Excel 2007

Bookmark and Share
Drop Down List di Ms Excel 2007 Ini Adalah Suatu Daftar Pilihan Yang Di Mana User Bisa Memilih Salah Satu Pilihan Untuk Mengisi Suatu Data Yang Tertentu Yaitu Dengan Cara Meng Klik Tombol Dropdoen Pada Sebuah Sel, Hal Ini Dapat Mempermudah Penggguna Untuk Mengisi Sebuah Pilihan Isianya Yang Sudah Tertentu. Contoh Nya Saja Iya Atau Tidak. Pilihan Di Bulan Januari Hingga Desember, Atau Pilihan Yang Berdasarkan Kategori Waktu Yang Tertentu Dll.

Cara Untuk Membuat Drop Down List di Ms Excel Ini, Silahkan Anda Simak Dan Ikuti Langkah-langkah Berikut Di Bawah Ini. Umpamanya Anda Membuat Drop Down List Berupa Bulan Dalam Satu Tahun.

1.- Yang Pertama Sekali Anda Klik Sel Dimana Drop Down List Akan Di Buat (Bisa Saja Lansung Beberapa Sel Di Seleksi Dan Di Blok)

 

2.- Lalu Buatlah Daftar Bulan Dalam Satu Tahun Mulai Dari Januari Sampai Dengan Bulan Desember.

3.- Pada Ribbon Data, Anda Pilih Group Menu Data Tools Lalu Kilk Data Validation. Seperti Gambar Yang Di Bawah Ini.

 

4.- Kemudian Pada Jendela Data Validation, Anda Klik Tab Setting, Lalu Pada Pilihan Allow Pilih List. Simak Gambar Di Bawah Ini.

 

5.- Seterusnya Klik Pada Isian Di Source Dan Blok Daftar Bulan Yang Sudah Anda Buat Tadi. Lebih Jelasnya Lihat Gambar Di Bawah Ini.

 

6.- Jika Berminat Dengan Pengaturan Yang Lain, Anda Bisa Mengatur Seperti (Ignore Blank) Biarkan Saja Dalam Keadaan Kosong Atau Peringatan Dan Pesan Jika Memasukkan Data-data Yang Tidak Sesuai Di Tab Error Alert. Jika Anda Memasukkan Data Yang Salah Lalu Akan Muncul Pesan Yang Telah Anda Buat. Contoh Nya Masukkan Data Yang Telah Di Tentukan Dengan Memilih Salah Satu. Lihat Gambar Yang Di Bawah Ini.

 

7.- Cek Dan Cek Lagi Jika Semua Pengaturan Anda Pastikan Telah Bersih Atau Cukup..! Klik Ok. Mulai Saat Ini Jika Sel Tersebut Di Pilih? Maka Akan Muncul Tanda (Dropdown) Pada Sebelah Kanan Dari Sel Tersebut. Dengan Meng Klik Tanda (Dropdown) Tersebut Lalu Akan Muncul Pilihan Yang Sudah Di Buat Dan User Tinggal Memilih Salah Satu nya Pilihan Yang Ada. Dan Silahkan Anda Simak Contoh Gambar Di Bawah Ini.

 

8.- Agar Tampilan Data Biar Lebih Bagus Di Lihat..! Sebaik Nya Daftar Bulan Yang Telah Di Ketik Pada Awal (Nomor Satu) Di Letakkan Pada Sel Yang Berada Di Luar Tabel Atau Tampilan Data. Lalu Anda Rubah Warna Nya Menjadi Putih Sehingga Tidak Kelihatan Lagi Bahwa Ada Daftar Pilihan Pada Lembar Kerja Tersebut, Atau Juga Bisa Daftar Pilihan Di Letakkan Di (Worksheet) Yang Lain.  

Sekian Saja Tutorial Kita Ucapan Terimakasih Saya By http://karya-mandau.blogspot.com/2012/11/cara-cepat-membuat-drop-down-list-di-ms.html.
 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger