Cara Terbaik Membuat Daftar Absensi Dengan Menggunakan Check Box di Ms Excel

Bookmark and Share
Pada Sebuah Daftar Atau Biasanya Di Sebut Absensi Di Microsoft Excel Bisa Dilakukan Dengan Menggunakan Format Check Box. Dengan Demikian Bisa Mempermudah Petugas Untuk Mengisi Daftar-daftar  Abensi Tersebut. Yaitu Dengan Meng Klik Pada Kotak Check Box Tersebut Maka Akan Mengartikan Munculnya Kehadiran, Jika Tidak Mengklik Atau Di Biarkan Saja Kosong, Maka Berarti Tidak Muncul Dan Hadir. Berikut Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Simak Dan Ikuti Langkah-langkah Di Bawah Ini.

Yang Pertama Sekali Anda Harus Memunculkan Terlebih Dahulu Tab (Developer) Pada Ms Excel Tersebut.

- Pada Excel 2007, Klik Pada Quick Acces Toolbar, Kemudian Pilih More Command. Lalu Pada Tab Popular Beri Tanda Centang Pada Show Developer Tab In The Ribbon Terus Klik Ok.

- Lalu Pada Excel 2010, Klik File Kemudian Pilih Options, Dan Pilih Tab Customize, Dan Pada Main Tab Aktifkan Ceveloper Terus Klik Ok.

1.- Pertama Buat Tabel Absensi Terlebih dahulu, Silahkan Anda Simak Contoh Gambar Di Bawah Ini.

 

2.- Lalu Klik Pada Tab Developer Lalu Pilih Insert Pada Group Menu Controls.

3.- Teruskan Dan Pilih Check Box Kemudian Drag Pada Lembar Kerja Excel, Maka CheckBox Nya Akan Terbentuk. Simak Contoh Gambar Di Bawah Ini.

 

4.- Kemudian Arahkan Check Box Sel [E3] Dan Hilangkan Tulisan Check Box Nya, Lalu Copy Kan Sel [E2] Kemudian Paste Kan Pada Sel [E3 s/d E9].

5.- Lanjutkan Dengan Meng Klik Kanan Paada Check Box Pada [E2] Lalu Pilih Format Control. Lihat Contoh Gambar Di Bawah Ini.

 

6.- Di Jendela Format Control, Klik Tab Control, Dan Klik Pada Kotak Cell Link Lalu Klik Pada Sel [G2] Terus Kilk Ok. Dan Lakukan Hal Yang Sama Pada Check Box [E3 s/d E9]. Seperti Gambar Gambar Di Bawah Ini.

 

7.- Jika Check Box, Anda Klik Pada Kolom [F2 s/d F9] Akan Muncul Tulisan (TRUE) Jika Tidak Anda Klik Tulisan Yang Akan Muncul Adalah (FALSE).

8.- Lalu Masukkan Rumus  [=IF(F2=TRUE;"hadir";"tidak hadir")] Dan Pada Sel [D2] Kemudian Kopy Kan Sel [D2] Dan Paste Kan Ke Sel [D3 s/d D9].

9.- Mulai Saat Ini Jika Anda Check Box Dan Anda Meng Klik, Maka Pada Kolom Kehadiran Akan Muncul Tulisan [Hadir], Dan Sebaliknya Jika Di Biarkan Maka Tulisan Yang Muncul Adalah [Tidak Hadir].

10.- Cara Untuk Mengetahui Jumlah Kehadiran Anda Masukkan Rumus [ =COUNTIF(D2:D9;"HADIR")]  Pada Sel [D10] Tersebut.

11.- Untuk Kolom Keterangan Bisa Anda Isikan Dengan Menggunakan (Dropdown List Keterangan Alpa, Ijin, Sakit, Dan Yang Lianya). Seperti Contoh Gambar Yang Di Bawah Ini.


Sekian Saja Tutorial Kita Ucapan Terima Kasih Saya By http://karya-mandau.blogspot.com/2012/11/cara-terbaik-membuat-daftar-absensi.html.  
        

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar