Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

Bookmark and Share
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami - Pernah jerawatan?. Jerawat yang timbul pada masa remaja biasanya timbul karena pengaruh hormonal. Selain itu juga, masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres juga dapat dikategorikan sebagai penyebab jerawat.


PENYEBAB MUNCULNYA JERAWAT

Produksi minyak berlebihan
Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

Sel-sel kulit mati
Umumnya, jerawat dsebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

Kosmetik
Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Telepon Genggam
Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

Stres
sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

http://id.wikipedia.org/wiki/Jerawat

Munculnya Jerawat atau Acne Vulgaris ini karena terjadinya peradangan kronis pada kelenjar minyak pada kulit (Pilosebasea/ sebaceous) yang disebabkan tidak adanya keseimbangan pembentukan minyak dengan minyak yang keluar lewat permukaan kulit sehingga menyebabkan penumpukan dan kemudian membentuk gumpalan mengeras akhirnya menyumbat pada bagian wajah yang memicu bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes).


TIPS MENCEGAH JERAWAT

  1. Mencuci wajah 2 kali sehari bisa menghilangkan jerawat
  2. Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda mungkin akan menghilangkan jerawat , sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak untuk menghilangkan jerawat.
  3. Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.
  4. Minum air putih minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat. Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah2. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak.
  5. selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur dengan mencuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.
  6. Sering-seringlah makan sayur dan buah.
  7. Tidur yang cukup dan teratur.

Terus bagaimana cara untuk menghilangkan jerawat?. Simak tips dan cara mudah menghilangkan jerawat secara alami dibawah :

Lidah Buaya
Cara menghilangkan jerawat dengan daun lidah buaya sangat mudah. Tinggal ambil satu daun lidah buaya, potong menjadi 2, dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat setiap pagi dan sore.

Putih Telur
Membasmi jerawat juga bisa dilakukan dengan media putih telur. Caranya pisahkan kuning telur dan ambil putih telur. Kemudian oleskan putih telur ke wajah yang berjerawat selama 15 menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih.

Pasta Gigi
Cara menghilangkan jerawat ternyata juga bisa dengan odol alias pasta gigi lho. Akan tetapi pasta giginya harus yang pasta ya bukan yang gel. Caranya sama yakni ambil sedikit pasta gigi lalu oleskan kepada jerawat yang membandel.

Bawang Putih
Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas.

Tomat
Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.

Lemon / Jeruk nipis
Cara menghilangkan jerawat dengan lemon atau jeruk nipis yaitu dengan mencampurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin dan niscaya jerawat akan segera hilang.

Nah demikianlah beberapa hal tentang jerawat dan cara menghilangkan jerawat, semoga dengan tips diatas dapat berguna untuk sobat semua dalam hal menghilangkan jerawat. Semoga bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger