Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Tubuh

Bookmark and Share
Pengaruh stres Terhadap Kesehatan Tubuh. Sebelum kita membahas apa pengaruh stres terhadapt kesehatan tubuh, maka yang terpenting harus kita ketahui adalah apa itu Stres?????.

Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat, (Jankerdwells).

Pengaruh Stres Terhadap Tubuh

Pengaruh stres terhadap tubuh yaitu kelenjar hypothalamus di otak member isyarat kepada kelenjar adrenal untuk mengeluarkan adrenalin. Hormon ini dikeluarkan untuk menyiapkan tubuh dalam pertahanan diri yaitu melawan atau lari terhadap suatu ancaman. Dalam keadaan ini maka Pengaruh stres terhadap tubuh sebagai berikut:

1. Denyut jantung dan tekanan darah meningkat tajam.
2. Pernafasan menjadi lebih cepat dan dangkal.
3. Arteri koroner melebar.
4. Arteri lambung berkontraksi.
5. Organ-organ mata melebar dan waspada.
6. Otot tubuh berkontraksi dan lebih kuat.
7. Metabolisme tubuh meningkat.
8. Kadar gula dalam hati dilepaskan, (Smartnewz.info)

Adapun penjelasan lain yang dilansir oleh viva.co.id bahwa pengaruh stres dapat menyerang fisik seperti :

1. Muntah

Stres, kelelahan dan kepanikan bisa memicu rasa sakit kepla, mual, hingga muntah. Kondisi ini, seperti dikutip dari Prevention, dikenal dengan cyclic vomiting syndrome, yang membuat seseorang mengalami mual dan muntah dalam waktu tertentu.

Biasanya dimulai di waktu yang sama dan terjadi dalam beberapa hari. Napas menjadi kering, sulit makan, dan mual tak tertahankan. Ini dipicu dari kondisi psikologis yang tak stabil sehingga berujung pada rasa mual. Jika muntah terus-menerus pastikan Anda banyak minum putih agar tidak dehidrasi.

2. Rambut rontok

Banyak alasan mengapa rambut bisa rontok, mulai dari genetik, sampo yang tidak cocok hingga pengobatan. Dan, stres juga jadi salah satunya. Jangan heran ketika Anda sangat tertekan kepala terasa panas, pusing dan rambut lebih banyak rontok. Ini karena hormon stres atau kortisol yang sangat tinggi.

3. Mimisan

Hidung tiba-tiba mengeluarkan darah atau mimisan bisa karena Anda kepanasan atau penyakit tertentu. Menurut penelitian yang dipublikasi dalam British Medical Journal, secara umum tekanan darah cenderung melonjak saat stres. Pada beberapa orang hal ini menimbulkan mimisan.

4. Mudah jatuh sakit

Efek paling terlihat ketika stres terjadi adalah sistem kekebalan tubuh melemah. Ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Pertama, stres memicu pelepasan catecholemines, hormon yang mengatur sistem kekebalan tubuh. Pelepasan hormon ini berkepanjangan, dapat mengganggu kemampuannya mengatur kekbalan tubuh.

Lalu kedua,saat stres kelenjar timus Anda menyusut. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Jadi, jangan heran kalau saat stres seseorang akan dengan mudah terkena penyakit.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar